Manfaat Komunitas dan Alasan Harus Tergabung di Dalamnya

Mendapatkan support system dan sudut pandang baru adalah contoh manfaat bergabung di komunitas yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Komunitas dan Alasan Harus Tergabung di Dalamnya
Image Source: pixelraw.com

Apa yang pertama kali terlintas di benak kamu saat mendengar kata komunitas?

Kelompok orang dengan nama sama, seperti bagus dan asep? Atau sekumpulan orang yang memiliki tujuan sama untuk peduli terhadap lingkungan atau bahkan menumbuhkan kumis dan jenggot?

Komunitas merupakan kata yang menggambarkan keterhubungan satu individu dengan individu lainnya, hingga membentuk suatu kelompok. Berkomunitas pada dasarnya merupakan sesuatu yang sangat alami dan penting serta telah dilakukan manusia sejak dulu.

Apa Itu Komunitas?

Komunitas memiliki definisi sebagai kumpulan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda, tetapi memiliki kesenangan, kebutuhan, dan karakteristik tertentu yang sama.

Berbagai kesamaan inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk ikut tergabung dalam suatu komunitas.

Terlepas dari kata yang sederhana, pada penerapannya komunitas memiliki arti yang kompleks dan berperan penting di kehidupan bermasyarakat dengan aneka keragaman tersendiri.

Komunitas hadir untuk mengikat perbedaan di tengah masyarakat agar dapat menjalin satu kesatuan.

Jual WISHLOW Kamera Anak Mini Kids Camera Toy HD 1080P USB 2
Kamera Saku WISHLOW Kamera Anak Mini Kids Camera Toy HD 1080P USB 2 Inch - W1008 harga Rp 102.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Komunitas memang tidak hanya terbatas pada kelompok di internet, sebuah daerah, tempat, bangunan, atau organisasi, melainkan suatu ikatan.

Selama kamu menjalani kegiatan yang ada di komunitas, kamu dapat menemukan 'sense of belonging' atau keterikatan, kepercayaan, dan rasa peduli terhadap satu sama lain yang digunakan untuk mencapai tujuan bersama.

Pentingnya Mengikuti Komunitas

Image Source: freepik

Komunitas adalah wadah yang penting sebagai media interaksi sosial di suatu kelompok masyarakat. Ikut berpartisipasi di dalamnya menawarkan banyak manfaat di berbagai aspek kehidupan.

Di era modern ini, terutama saat semuanya dapat dilakukan secara digital, sangat mudah rasanya merasa kesepian.

Berkurangnya koneksi dan interaksi sebagai kebutuhan dasar manusia dapat berdampak besar bagi kesehatan, terutama bagi konsisi psikologis.

Jual TaffSPORT GHOTDA Joran Pancing Antena Portable Telescopic -
Alat Pancing TaffSPORT GHOTDA Joran Pancing Antena Portable Telescopic - C562L harga Rp 37.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Berikut dampak kesehatan yang dapat dirasakan bagi suatu individu yang kurang mendapatkan interaksi sosial:

  1. Mudah terkena stres, murung, dan keinginana untuk mengakhiri hidup.
  2. Meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, berkurangnya sistem kekebalan tubuh, dan kanker.
  3. Memengaruhi kesehatan mental dan menimbulkan kecemasan.

Saling berkaitan, membantu, bergantung, dan memberikan rasa percaya pada orang lain terkadang memang terdengar mengerikan karena hal ini dapat berisiko melukai diri kamu.

Namun, saat bergabung dalam suatu komunitas, kamu dapat mengatasi kesulitan dalam hidup dan memecahkan masalah secara bersama-sama.

Selain itu, kamu juga dapat merayakan kebahagiaan bersama.

Manfaat Utama Mengikuti Komunitas

Image Source: rawpixel.com

Mengikuti berbagai jenis dan bentuk kominitas seperti informal dan formal memainkan peran penting dalam hidup kamu, seperti mempelajari hal baru, melatih kemampuan sosialisasi, dan melatih diri agar dapat mengerti sesama manusia dan lingkungan.

Berkelompok dan mengikuti suatu komunitas juga dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar sebagai manusia dan mencegah berbagai masalah psikologis akibat kesepian yang mungkin terjadi.

JakartaNotebook telah merangkum 2 manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti komunitas dan meningkatkan interaksi sosial!

1. Mendapatkan Support System

Saat mengikuti komunitas, kamu dapat berbagi banyak hal dengan orang lain yang memiliki minat serupa. Hal ini secara otomatis membuat hubungan setiap orang di dalamnya semakin erat sehingga kamu bisa mendapatkan teman yang mendukung.

Kamu dapat menunjukkan rasa simpati, empati, memberikan dan menerima saran, atau sekadar berbagi cerita.

Jual ADVANTAGE Teropong Golf Range Finder Digital 7x18 - AD-964
Teropong & Teleskop ADVANTAGE Teropong Golf Range Finder Digital 7x18 - AD-964 harga Rp 181.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Pada dasarnya, memiliki teman atau seseorang yang dapat mendukung dan dipercaya dapat berdampak positif pada kesejahteraan hidup.

Selain saling mendukung, para anggota komunitas juga dapat membantu proses pengembangn diri dalam berbagai aspek, termasuk meningkatkan kemampuan berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

2. Mendapatkan Sudut Pandang Baru

Berinteraksi dengan orang lain dengan minat yang sama dapat memunculkan rasa saling percaya dan saling memiliki yang menjadi dasar untuk menjalin hubungan sebagai manusia.

Berkumpul dengan berbagai latar belakang yang berbeda bahkan memiliki jarak umur yang cukup jauh juga dapat membantu kamu mengetahui berbagai sudut pandang serta perspektif dari tiap orang.

Berbicara dan membahas pemikiran setiap orang dapat membantu anggota komunitas saling mengerti serta memasuki dunia yang belum pernah kamu kenal sebelumnya.

Bergabung dan menghabiskan waktu bersama orang lain tentunya akan memberikan warna tersediri dalam hidup kamu.

Percaya bahwa kamu dapat mengatasi masalah dan menjalani hidup sendiri memang sesuatu yang baik. Namun, harus diingat bahwa manusia membutuhkan orang lain untuk menghasilkan sesuatu dan menyelesaikan berbagai masalah.

Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat bergabung dalam komunitas adalah dapat meningkatkan interaksi sosial, menjalin persahabatan, mendapat dukungan baru, dan mengenali sudut pandang baru.

Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan kebahagiaan dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menyenangkan yang sesuai minatmu.

Jika berniat untuk mengikuti suatu komunitas, mulai dari komunitas yang berhubungan dengan hal-hal yang disukai atau periksa komunitas apa saja yang tersedia di lingkungan terdekat.