4 Manfaat Menonton Film, Bukan Sekedar Hiburan!

Menonton film tidak hanya dilakukan untuk melepas penat, tapi juga sebagai aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Simak selengkapnya di sini!

4 Manfaat Menonton Film, Bukan Sekedar Hiburan!
Image Source: Freepik/Freepik

Menonton film terutama melalui platform streaming, kini menjadi hal yang dilakukan hampir setiap orang dari berbagai kalangan.

Saking serunya aktivitas ini, menonton film jadi agenda wajib yang dilakukan pada akhir pekan atau setiap sebelum tidur sebagai sarana hiburan atau sekadar untuk lari dari masalah di dunia nyata.

Bahkan, bioskop bisa jadi menjadi salah satu destinasi utama yang muncul dalam pikiran banyak orang untuk jalan-jalan saat sedang senggang.

Meski aktivitas ini selalu identik sebagai salah satu sarana hiburan. Nyatanya menonton film juga punya beberapa manfaat yang sering dilupakan. Inilah yang membuat banyak orang lebih memiliki aktivitas ini jka dibanding berkumpul dengan teman, olahraga, atau membaca buku.

Manfaat Menonton Film

Manfaat Menonton Film
Image Source: Freepik/Freepik

Menonton film tentunya bukan hanya soal duduk sambil membuka mata, ditemani makanan ringan, dan ikut menangis atau tertawa pada alur yang diceritakan.

Menonton film tentunya membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi karena kita harus memperhatikan setiap adegan serta detail yang ada di sepanjang film.

Nyatanya, menonton film memang memberikan manfaat yang membuat banyak orang tak bisa berhenti melakukan aktivitas ini!

1. Membantu Menghargai Seni

Membantu Menghargai Seni
Image Source: Freepik/Freepik

Kamu pasti pernah menonton film dan terkesima atau bahkan merinding dengan tampilan visual, soundtrack, dan backsound yang menawan, bukan?

Seolah setiap adegan pada layar memiliki kekuatan magis yang bsia membuat kamu tersedot ke dalam cerita dengan alur yang nyata dan mengalir.

Perasaan ini muncul karena film juga termasuk dalam karya seni. Menggabungkan berbagai aspek, mulai dari seni videografi, seni peran, seni kriya, dan banyak lainnya, film jadi sebuah masterpiece yang pantas kamu hargai.

Orang-orang yang berada di balik layar pembuatan film ini tentunya memiliki pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada penonton. Pesan inilah yang membuat karyanya terus tumbuh pada diri setiap penontonnya.

Perasaan barus ini sama dengan cara kamu menikmati karya seni lain seperti melihat lukisan pada suatu pameran atau saat mendengarkan musik.

Selain itu, film menggunakan medium yang disebut sebagai combinatory art form, atau sejenis seni yang memadukan berbagai medium lain, dan dengan menonton film kami bisa menikmati berbagai unsur dalam satu wadah sekaligus.

2. Belajar Memahami Perbedaan

Belajar Memahami Perbedaan
Image Source: Freepik/Freepik

Setiap jalan cerita pada film tentunya memiliki latar belakang serta permasalahan yang beragam dan unik.

Dari jalan cerita ini, kita dapat belajar tentang banyak skenario yang mungkin terjadi di hidup kita. Tak hanya itu, film juga memungkinkan kita untuk mencegah hal-hal buruk yang ada di dalamnya terjadi pada kita.

History repeat itself

Bahkan terdapat istilah history recurrence atau pengulangan sejarah. Meskipun, tentunya kita nggak berharap contoh ekstrem seperti adanya perang atau terjebak dalam mimpi.

Namun, dengan menonton film kamu akan mengetahui perbedaan sudut pandang dari setiap tokoh, dan pada akhirnya film dapat membentuk pemahaman kita terhadap dunia.

Banyaknya tokoh dalam film atau alur cerita imajinatif, seperti pergi ke planet lain dan menjelajahi galaksi membuat kita sadar bahwa masalah di hadapan kita mungkin sudah pernah dialami oleh orang lain pada waktu yang berbeda.

Penyampaian film yang menyenangkan juga dapat mengajak kita untuk selalu bersyukur dan menyadari jika masalah di depan mata tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan berbagai hal yang terjadi di alam semesta.

3. Mengenal Berbagai Emosi

Mengenal Berbagai Emosi
Image Source: Freepik/DCStudio

Film yang menghibur dengan alur cerita yang menarik dapat menginspirasi perubahan sosial. Hal ini terjadi karena film dapat menceritakan suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang dengan cara yang mudah dipahami.

Penonton secara tidak langsung dapat melatih empati dengan mengenal berbagai emosi, mulai dari bahagia, sedih, dan putus asa. Selain itu, menonton film juga bagus untuk melatih berpikir kritis karena kita akan mulai mempertanyakan keputusan dan perilaku yang para tokoh.

4. Lebih Peka dengan Isu Sosial

Lebih Peka dengan Isu Sosial
Image Source: Freepik/Freepik

Beberapa film dokumentar mengangkat isu sosial yang terkadang diabaikan masyarakat seperti isu pemanasan global, sejarah suatu negara, pelecehan seksual, hingga ketimpangan yang dapat memengaruhi setiap segi kehidupan.

Film akan membuat para penonton memiliki kesadaran yang sama pada masalah yang diangkat. Sehingga tidak jarang suatu film memicu perdebatan dan membuka ruang diskusi untuk kembali membahas isu yang sempat terlupakan.

Selain itu, dalam pembuatan film tentunya membutuhkan banyak orang terampil dalam bidangnya, sehingga beragam kelompok penulis, penata kostum dan riasan, hingga editor berkumpul dalam satu set untuk mendiskusikan cara terbaik menyampaikan pesan dalam film yang akan dibuat.

Hal ini pada akhirnya akan membuat berbagai topik memiliki kesempatan yang sama untuk dikenal dan dihargai.

Menonton film nyatanya bukan hanya jadi hiburan atau media pelepas penat di penghujung hari semata.

Film dapat membawa kamu pergi ke berbagai tempat di alam semesta atau dunia imajinasi tanpa batas, macam rintangan yang menegangkan, hingga menempatkan dalam perspektif yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Menonton film menawarkan cara melihat dunia dalam sudut pandang baru yang lebih luas. Tak jarang berbagai kisah yang disajikan juga mengajari kamu cara mengenal dan mengalahkan diri sendiri.

Manusia tentunya memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan diri dan film dapat menjadi langkah awal untuk mengetahui berbagai informasi yang dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan cara menyenangkan.