Kuliah tujuh menit yuk!

Saat bulan puasa, kultum singkat tentang Ramadhan selalu hadir ketika kita menjalankan ibadah salat tarawih. Arti kultum adalah penyampaian ajaran-ajaran keagamaan dalam waktu singkat, atau biasa lebih dikenal sebagai kuliah tujuh menit. Siapa saja bisa menjadi penceramah materi kultum singkat bulan Ramadhan, baik jemaah dari laki-laki ataupun perempuan.

Karena situasi saat ini yang tidak memungkinkan untuk salat tarawih ke masjid, maka kita terpaksa dengan melakukannya di rumah saja. Nah biar salat tarawih terasa seperti biasanya, kamu bisa sesekali memberikan kultum singkat tentang Ramadhan. Kalau belum pernah, berikut ini ada 10 ide materi kultum singkat bulan Ramadhan yang bisa kamu coba!

1. Sebagai panutan umat Islam, kita selalu ingin tahu gimana cara Rasulullah berpuasa kan?

Mengikuti sunnah dan kebiasaan Rasulullah selalu menarik bagi setiap umat Islam. Dengan begitu, setidaknya membuat kita menjadi terasa dekat dengan sang panutan. Kamu bisa mencari-cari apa aja sih kebiasaan unik beliau yang bisa dicontoh oleh kita agar ibadah puasa semakin khusyuk.

Kemudian pilih satu atau dua darinya. Contoh kebiasaan tersebut bisa menjadi materi kultum singkat untuk pemula paling simple loh. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan gaya penyampaian kamu nanti. Lewat materi kultum singkat bulan Ramadhan, sebagai orang tua, kamu juga mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik sang Rasul kepada si kecil di rumah. Menarik banget kan?

Biar nggak hilang, catat materi kultum di iPad Apple Terbaik!

2. Hal-hal yang membatalkan puasa bisa menjadi materi kultum singkat menarik buat anak-anak

10 Materi Kultum Singkat Tentang Ramadhan Saat Tarawih di Rumah | Image Source: Hidayatullah

Teks ceramah Ramadhan singkat dan lucu dapat kamu sampaikan dengan tema hal-hal yang membatalkan puasa. Apalagi kalau kalian punya anak yang baru ikut berpuasa di tahun ini. Mereka dijamin bakal antusias untuk mendengarkan apa aja sih yang nggak boleh dilakukan saat lagi berpuasa.

Dengan kultum singkat tentang Ramadhan ini, kamu bisa mengajarkan tata cara puasa dan ajaran agama kepada mereka. Tambahkan juga tentang hal-hal yang sebaiknya dilakukan atau tips agar si kecil kuat sampai waktu berbuka. Namun yang terpenting, tetap apreasiasi usaha si kecil untuk mau mulai mempelajari kewajiban agamanya. Karena, itu dapat memotivasi mereka untuk saat ini.

3. Kalo kamu mau menegur yang mager sahur, tema ini mungkin bisa banget dicoba!

10 Materi Kultum Singkat Tentang Ramadhan Saat Tarawih di Rumah | Image Source: WinNetNews

Kadang makan sahur adalah momen yang sangat menyulitkan karena kita harus bangun lebih awal. Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih untuk tidak sahur sama sekali. Padahal, makan sahur begitu dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilakukan agar tubuh kita mampu melewati satu hari penuh dalam berpuasa.

Coba saja ambil materi kultum singkat tentang Ramadhan mengenai anjuran makan sahur. Lumayan banget supaya bisa menegur si kecil kalo mereka suka males untuk melakukannya. Gak ada salahnya kan untuk menegur dengan cara yang lebih mengedukasi? Tema seperti ini pas banget untuk diajarkan kepada mereka terutama ketika sedang berada di rumah saja agar si kecil pasti akan lebih mengerti.

4. Masih ada lagi cara untuk menegur si kecil tentang bolehkah berpuasa tapi tidur seharian?

Saat bulan puasa kita cenderung mudah mengantuk dan memilih untuk tidur. Sehingga, hal ini memicu kita untuk tidak melakukan aktivitas apapun sampai sore hari hanya agar tubuh tidak terlalu lelah. Lalu, bolehkah kita tidur seharian selama puasa tanpa melakukan apa-apa bahkan tidak melakukan ibadah yang lain?

Kalau ada anggota keluarga di rumah yang suka begitu, kamu bisa mengangkat materi kultum singkat tentang Ramadhan ini. Sertakan hadis atau anjuran yang dapat memperkuat materi kultum singkat kamu. Ngomong-ngomong, memang kurang baik juga sih kalo lagi puasa tapi tidak melakukan apa-apa. Supaya keutamaan bulan Ramadhan 1441 H ini benar-benar bermanfaat untukmu.

Pelihara hewan yuk biar gak ngantuk! Beli Perlengkapan Hewan di sini

5. Materi kultum singkat tentang sabar cocok sekali di tengah situasi pandemi ini

10 Materi Kultum Singkat Tentang Ramadhan Saat Tarawih di Rumah | Image Source: detikNews

Bulan Ramadhan tahun ini pasti akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kita tidak bisa bebas berada di luar rumah seperti ke pasar Ramadhan atau sekedar membeli takjil buka puasa. Hingga akhirnya tingkat kesabaran kita pasti sangat diuji. Mungkin jika kamu membawakan materi kultum singkat bulan Ramadhan ini bisa sedikit menenangkan pikiran orang di rumah. Sampaikan kalo situasi ini merupakan cara Allah SWT untuk menyayangi kita lebih jauh lagi dan dia tidak mungkin memberikan cobaan di luar kemampuan umat-Nya.

6. Agar tetap sehat, coba sampaikan kultum Ramadhan singkat dan jelas tentang menjaga kebersihan

Materi kultum singkat untuk pemula yang dapat dibawakan sebelum salat tarawih adalah menjaga kebersihan. Situasi pandemi yang belum berakhir meminta kita juga untuk selalu mementingkan kebersihan diri dan lingkungan. Agar kultum lebih menarik, mintalah anak-anak untuk belajar tampil bicara di depan banyak orang.

Beri mereka challenge untuk mau menjadi penceramah kultum singkat bulan Ramadhan. Siapa tahu dengan begini mereka jadi lebih antusias dalam memperdalam ilmu agama. Sebenarnya urusan kebersihan sendiri bisa menjadi materi kultum anak SD juga. Kebetulan dengan situasi seperti ini, semoga kita semakin peduli terhadap kebersihan diri masing-masing dan orang sekitar.

Dapatkan Hand Sanitizer Gel untuk kebersihan tangan di Jakmall!

7. Tak pernah lekang oleh waktu, materi sedekah di bulan Ramadhan selalu menarik untuk didengarkan

10 Materi Kultum Singkat Tentang Ramadhan Saat Tarawih di Rumah | Image Source: Kitaumroh

Menambah amal ibadah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Kamu bisa membawakan materi ini sebagai kultum singkat tentang Ramadhan agar anggota keluarga di rumah terpacu untuk berbagi dengan sesama. Ditambah lagi, situasi pandemi ini jelas memberikan dampak yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada orang yang tidak seberuntung itu akibat penyebaran virus Covid-19.

8. Bahaya sifat dengki dapat menjadi pelajaran terbaik di bulan suci Ramadhan

Ramadhan adalah kesempatan yang tepat bagi kita untuk kembali merenung dan memperbaiki kesalahan kita. Baik itu yang sudah pernah dilakukan atau penyakit hati yang tidak kita sadari. Misalnya sifat dengki atau iri terhadap teman sendiri, tetangga, atau orang lain. Bila kamu menyampaikannya saat kultum singkat bulan Ramadhan, siapa tahu dapat menjadi pengingat bagi anggota keluarga di rumah.

Sebaik-baiknya anggota keluarga yaitu yang saling mengingatkan apabila salah satu di antaranya ada yang melakukan kekhilafan. Kalo kamu ragu dan takut bisa menyinggung perasaan orang di rumah, coba sisipkan guyonan agar kultum Ramadhan singkat dan lucu dapat diterima oleh mereka. Pasti kamu bisa!

9. Punya niat untuk khatam Al-Qur'an dalam sebulan? Yuk berbagi gimana caranya!

10 Materi Kultum Singkat Tentang Ramadhan Saat Tarawih di Rumah | Image Source: gomuslim

Mungkin materi kultum singkat tentang Ramadhan ini jarang diangkat kalo kamu perhatikan. Tetapi banyak orang yang memanfaatkan bulan puasa sebagai momen untuk khatam Al-Qur'an. Nah ini dapat menjadi inspirasi kamu kalo mau bareng-bareng satu keluarga untuk khatam membaca kitab suci umat Islam ini. Sampaikan bagaimana cara Rasulullah melakukannya supaya mereka terinspirasi.

Setelahnya, kamu bisa sekalian menyusun jadwal mengaji untuk satu rumah kalo benar-benar ingin melakukannya. Yang terpenting adalah niat dan rasa ikhlas agar proses khatam bisa berjalan dengan lancar. Kalo kamu butuh pedoman bagaimana materinya, coba cari referensi kultum Ramadhan singkat PDF di internet aja.

Butuh Alas Baca Al-Qur'an? Di sini ada spesial kayu ukir untuk kamu!

10.  Malam yang paling ditunggu-tunggu saat puasa adalah Lailatul Qadar, kamu bisa sampaikan materi kultum singkat ini

Malam Lailatul Qadar merupakan malam spesial menjelang akhir bulan Ramadhan. Kamu bisa mempersiapkan teks kultum singkat tentang Ramadhan yang membahas keistimewaan dan doa-doa yang perlu dibacakan saat malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar artinya malam yang paling baik dari seribu bulan dan dikenal sebagai masa turunnya Al-Qur'an. Betapa pentingnya sehingga sering disambut sukacita oleh umat Islam. Kamu bisa tuh mengangkat materi kultum singkat tentang Ramadhan dengan tema ini sebelum menuju malam Lailatul Qadar.

Itulah 10 materi kultum Ramadhan singkat yang dapat kamu bawakan apabila diminta sebagai pengisi kultum. Walaupun hanya bisa salat tawarih di rumah, kamu tetap dapat membuat suasana Ramadhan tetap terasa. Cari tahu juga gimana tips kultum Ramadhan singkat dan lucu kalo kamu masih belum percaya diri.


Selalu jaga kebersihan tanganmu, dapatkan Hand Sanitizer Glovix termurah di Jakmall

Intip juga artikel seputar Ramadhan di sini!

Baca juga: Ini 12 Pemotong Buah Praktis & Unik yang Berguna Saat Ramadhan