Mengapa Anime Semakin Disukai oleh Anak-Anak Muda Indonesia?

Anime sendiri memiliki tingkat keseruan dan value yang cukup unik dibandingkan dengan bentuk entertainment lainnya. Jadi, tidak heran jika kedepannya peminat anime di Indonesia akan semakin banyak.

Mengapa Anime Semakin Disukai oleh Anak-Anak Muda Indonesia?
Image Source: Image Flare

Dulu di era 2000-an, banyak serial anime yang tayang di televisi lokal dari pagi hingga siang. Karena sudah terpapar anime sejak kecil, maka generasi muda sekarang banyak sekali yang suka menonton anime.

Meskipun belum sebanyak penggemar film-film Hollywood atau drama Korea, namun secara perlahan penggemar anime mulai bertambah banyak. Pertanyaannya, apa penyebab meningkatnya jumlah orang yang menonton anime di Indonesia?

Koneksi Internet

Image Source: Freepik

Tidak bisa dipungkiri, koneksi internet menjadi faktor penting dalam penyebarluasan anime. Karena saat ini sudah sedikit anime yang tayang di televisi lokal, maka satu-satunya jalan adalah dengan menontonnya melalui internet.

Saat ini, sudah banyak sekali web yang menayangkan anime secara gratis dan lengkap. Harga kuota paket internet yang murah, harga smartphone yang terjangkau, serta banyaknya sumber tayangan di internet membuat anime menjadi lebih mudah diakses oleh berbagai kalangan.

Konten Media Sosial

Image Source: Freepik

Kemudahan akses internet juga mendukung akses orang-orang ke media sosial. Di media sosial, ada banyak sekali konten yang berkaitan dengan anime mulai dari penjabaran cerita anime, cosplay atau model yang menyerupai karakter anime, hingga konspirasi yang dibuat oleh fans sebuah serial anime. Banyaknya konten yang bertebaran di media sosial secara tidak langsung memicu orang-orang untuk menonton anime.

Berbagai konten anime di media sosial bertebaran di mana-mana karena pada dasarnya, value atau nilai-nilai yang ada di dalam anime biasanya memiliki kaitan erat dengan dunia nyata. Dari sisi entertainment, perkembangan karakter dan plot twist yang terjadi dalam sebuah anime menjadi bumbu tersendiri untuk menarik peminat-peminat baru yang jarang atau belum pernah menonton anime.

Ketersediaan Akses di Banyak Platform

Image Source: Freepik

Ketika kamu sudah tertarik dengan anime, kamu pasti akan segera mencari platform yang mudah untuk diakses bukan? Beberapa diantaranya adalah Netflix, Iqiyi, dan CrunchyRoll. Namun, kamu harus berlangganan untuk mengakses ketiga platform tersebut secara penuh.

Beberapa anime menyiarkannya secara gratis di YouTube. Channel-channel yang cukup terkenal adalah Muse Asia dan Ani-One Asia. Kedua channel tersebut memiliki koleksi anime yang cukup beragam. Kamu bisa melakukan maraton dengan nyaman tanpa perlu repot melakukan registrasi ke platform berbayar.

Jual Action Figure Naruto 6 PCS
Action Figure Action Figure Naruto 6 PCS harga Rp 25.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kemudahan akses internet yang kemudian berdampak pada banyaknya konten anime di media sosial, serta ketersediaan platform untuk menonton anime secara gratis bisa dibilang menjadi pemicu utama dari maraknya peminat anime di Indonesia.

Anime sendiri memiliki tingkat keseruan dan value yang cukup unik dibandingkan dengan bentuk entertainment lainnya. Jadi, tidak heran jika kedepannya peminat anime di Indonesia akan semakin banyak.