Menu Bekal Sekolah selama Seminggu, Simple dan Anti Bosan

Banyak para ibu yang masih pusing menentukan menu apa yang akan dibawa. Menu yang itu-itu saja tentunya membuat anak merasa bosan.

Menu Bekal Sekolah selama Seminggu, Simple dan Anti Bosan
Image Source: Unsplash

Bekal sekolah bukan cuma makanan pengganjal perut lapar saat jam istirahat aja, tapi juga bagian dari gaya hidup dan kreativitas para ibu dan anak muda. Makanya, tren bekal sekolah jadi makin banyak variasinya, mulai dari bentuk wadah sampai jenis-jenis menu bekalnya.

Uniknya, bukan cuma kemasannya saja yang berubah, tapi juga varian menu bekalnya yang jadi semakin beragam dan kreatif. Ada sandwich, nasi kotak, pasta, sushi, bahkan sampai salad sayuran yang segar dan enak.

Sayangnya, banyak para ibu dan anak muda yang masih pusing menentukan menu apa yang akan dibawa. Menu yang itu-itu saja tentunya membuat anak merasa bosan. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan memberikanmu rekomendasi menu bekal yang berbeda untuk seminggu.

Sudah siap? Yuk, kita kulik apa aja sih menunya!

Senin: Ayam Saus Mentega

Image Source: Fibercreme

Nikmati ayam saus mentega di hari pertama sekolah. Untuk membuatnya, siapkan potongan ayam fillet, bawang putih cincang, mentega, saus tiram, kecap manis, garam, merica, dan daun bawang iris sebagai topping.

Setelah mentega, bawang, dan ayam filet ditumis, masukkan bahan lain lalu tunggu hingga mengental. Kamu bisa menghidangkannya bersama nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Sisipkan wortel, brokoli, atau kacang panjang sebagai sumber seratnya.

Selasa: Homemade Nugget

Image Source: Grid.ID

Membuat homemade nugget tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mencampurkan potongan daging ayam atau daging sapi, tepung roti, telur, tepung terigu, bawang putih cincang, garam, dan merica.

Bentuk adonan sesukamu, baluri dengan tepung roti, lalu goreng di minyak panas. Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang polong ke dalam adonan nugget untuk memberikan tambahan nutrisi dan serat.

Rabu: Spaghetti Bolognese

Image Source: Foodline

Makanan lezat ini cocok dijadikan sebagai bekal sekolah. Untuk membuat sausnya, cukup tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan daging cincang hingga kekuningan.

Setelah itu masukkan wortel, tomat segar, saus bolognese dan bumbu penyedap. Aduk rata hingga matang dan mengental. Setelah siap, campurkan saus dan spaghetti yang telah direbus, lalu masukkan ke dalam kotak bekal.

Kamis: Smoked Beef Sandwich

Image Source: Cookin.id

Roti lapis yang tentunya bergizi cocok dibawa sebagai bekal. Kali ini isian utamanya adalah smoked beef. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memanggang roti dan smoked beefnya terlebih dahulu.

Siapkan potongan selada yang dicampur mayonaise. Siapkan juga telur goreng dengan campuran daun bawang. Setelah itu, susun semua bahan dengan roti sebagai lapisan terluar. Potong sesuai selera agar lebih mudah saat disantap.

Jumat: Chicken Katsu

Image Source: Hai Bunda

Untuk hari terakhir sekolah, kamu bisa membuat chicken katsu. Chicken katsu berbahan dasar dada ayam yang digoreng dengan balutan tepung roti. Biar makin enak, kamu bisa mencampur tepung rotinya dengan merica, bawang putih bubuk, dan garam.

Chicken katsu dapat disandingkan dengan nasi yang dicampur kecap manis dan saus teriyaki. Di atas nasi, letakkan chicken katsu yang sudah dipotong. Kamu juga bisa menambahkan timun dan wortel biar makin sehat.

***
Nah, itu tadi beberapa ide menu bekal sekolah yang bisa kamu coba selama seminggu. Dari ayam saus mentega yang gurih, hingga chicken katsu yang crispy. Kamu bisa variasikan menu bekal dengan tambahan sayuran dan saus favorit agar lebih sehat dan lezat. Jangan lupa siapkan kotak bekal dan kemas makanan dengan rapi agar bisa dimakan di sekolah dengan nyaman. Yuk, biasakan membawa bekal sekolah mulai sekarang!