Pengembangan Diri: Arti dan Cara Melakukannya

Pengembangan diri jadi salah satu kunci yang membuat seseorang merasa lebih hidup dan bersemangat. Simak arti dan cara melakukannya di sini.

Pengembangan Diri: Arti dan Cara Melakukannya
Image Source: freepik

Kamu pasti pernah memerhatikan bagaimana proses suatu tanaman bisa tumbuh.

Mulai dari bibit, akar yang mulai menjalar, batang dan daun yang mulai menyembul dari permukaan tanah. Tanaman kecil ini terus tumbuh hingga menjadi besar dan rindang serta siap menyambut munculnya buah.

Bahkan setelah pohon tersebut sudah dikatakan besar dan kokoh, ia masih harus terus berjuang melawan hantaman angin, cuaca ekstrem, atau bahkan ancaman hama.

Pohon dan manusia sebenarnya memiliki suatu kesamaan. Selain karena dikategorikan juga sebagai makhluk hidup, tanaman dan manusia juga sama-sama tumbuh dan berkembang untuk tetap hidup.

Kita terus beradaptasi pada lingkungan sekitar, perubahan jaman, dan berjuang setiap harinya. Hal ini karena satu-satunya cara untuk terus hidup, baik tubuh ataupun jiwa adalah dengan tumbuh dan berkembang.

Tentunya hal ini lah yang membuat manusia memiliki keinginan untuk terus memperkaya pengetahuan dan keterampilan, atau yang bisa disebut dengan pengembangan diri.

Apa Itu Pengembangan Diri?

Pengembangan diri dapat dikatakan sebagai proses atau usaha di mana kamu memiliki kesadaran untuk meningkatkan potensi, bakat, serta memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik.

Proses atau usaha ini tentunya memiliki banyak jalan untuk dicapai. Namun, melalui tantangan yang lebih sulit bukanlah satu-satunya jalan untuk mengembangan diri ini.

Selain menempa diri dengan berbagai tantangan, kamu juga bisa meningkatkan kualitas diri dengan aktivitas lain yang bermanfaat untuk memperluas perspektif dan pengetahuan kamu dalam berbagai hal.

Cara Melakukan Pengenbangan Diri

Image Source: jcomp

Banyak orang yang beranggapan kalau cara pengembangan diri adalah dengan melalui bidang pendidikan, bimbingan, atau seminar.

Cara tersebut memang penting, terlebih jika kamu ingin mendalami bidang yang membutuhkan teori dan bimbingan dari orang lain. Tapi hal yang paling penting adalah mengenali dan memahami di sendiri sebaik mungkin.

Kali ini, Jakmall akan merangkum cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri yang bisa dimulai dari sekarang!

1. Ketahui Apa yang Penting Dalam Hidup

Pertama, kamu harus memahami hal apa yang paling penting dalam hidup kamu, menurut versi kamu sendiri. Bukan karena ekspektasi dari kebanyakan orang, sosial media, teman, atau pasangan.

Seseorang tentunya memiliki nilai-nilai yang jadi bagian penting dari dirinya. Sebagai manusia, kita pasti punya keinginan utuk mengungkapkannya.

Bagi sebagian orang, membantu dan bermanfaat bagi orang lain adalah sesuatu yang harus dilakukan. Sedangkan sebagian besar lainnya, merasa bahwa mereka perlu memecahkan suatu masalah.

Meski terdengar sederhana, melakukan beberapa hal ini dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih berarti.

Kamu tentunya tidak ingin menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak sejalan dengan prinsip hidup, bukan?

Jual Tlevino Buku Catatan Kerja Notebooks Cover Kulit Kertas A5
Alat Tulis Kantor Tlevino Buku Catatan Kerja Notebooks Cover Kulit Kertas A5 - CW-5025 harga Rp 18.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Perkaya Diri Kamu dengan Pengetahuan

Mempelajari hal baru adalah salah satu cara untuk memupuk pengetahuan kamu. Mulailah dari hal sederhana seperti mengikuti pelatihan. Dengan begini keinginan ebelumnya untuk mempelajarin topik favorit akan terus terpelihara.

Jual JOWOART Pisau Palet Lukis Cat Akrilik Painting Scraper
Alat Tulis Kantor JOWOART Pisau Palet Lukis Cat Akrilik Painting Scraper Knife 7 PCS - JW7 harga Rp 16.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Selain itu, membaca juga dapat memperluas pengetahuan dan kosa kata sehingga membuat kamu terus dikelilingi dengan informasi yang dibutuhkan.

Cara ini dapat memperluas sudut pandang dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang sangat penting sebagai dasar agar dapat menjadi ahli di suatu bidang.

3. Jadilah Pribadi yang Terbuka

Jika bisa menentukan hal apa yang ingin ditekuni dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang tersebut, pada akhirnya kamu pasti akan 'menghasilkan' sesuatu.

Langkah selanjutnya adalah dengan meminta pendapat pada orang lain. Ini penting karena langit yang kamu lihat, tentunya berbeda dengan langit yangorang lain tatap.

Jual DingDongTu Buku Diary 365 Hari Hardcover - DDT-4083-32
Alat Tulis Kantor DingDongTu Buku Diary 365 Hari Hardcover - DDT-4083-32 harga Rp 22.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Selalu bersikap terbuka dengan secara sadar mengetahui bahwa latar belakang, keinginan, serta nilai setiap orang bisa jadi sangat berbeda. Gunakan komentar, kritik, dan pandapat positif yang mereka berikan untuk membangun dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

The only way that we can live, is if we grow. The only way that we can grow is if we change. The only way that we can change is if we learn. The only way we can learn is if we are exposed.
And the only way that we can become exposed is if we throw ourselves out into the open. Do it. Throw yourself.
–C. JoyBell C.

Keinginan untuk mengembangkan diri tentunya dimiliki oleh setiap orang, dan kamu yang masih bertahan hingga sekarang adalah salah satu bukti bahwa ada hal yang terus tumbuh.

Nikmati proses yang kamu jalani dan ketahui bahwa kegagalan akan selalu ada dalam hidup, bahkan pohon yang berumur ratusan tahun pun dapat tumbang.

Ingat bahwa kamu ada bukan untuk membuktikan apa pun kepada siapa pun, melainkan untuk diri sendiri.