7 Peralatan Banjir Ini Siap Mempermudah Hidup Saat Bencana!

7 Peralatan Banjir Ini Siap Mempermudah Hidup Saat Bencana!

Yuk mulai persiapkan!

Curah hujan yang meningkat di awal tahun 2020 mengakibatkan banjir di Jabodetabek. Apakah kamu jadi salah satu yang terkena dampak banjir? Jika iya, ada baiknya kamu mengambil beberapa tindakan tepat agar kerugian tidak semakin besar. Salah satunya mempersiapkan peralatan banjir.

Berikut ini Jakmall.com telah merangkum 7 peralatan banjir yang sebaiknya kamu persiapkan. Walaupun banjir sudah terjadi, tak ada salahnya kok untuk membeli barang-barang persiapan menghadapi banjir, sebagai antisipasi jika bencana serupa datang di kemudian hari.

1. Saat banjir persediaan listrik terbatas, pastikan ponselmu tetap menyala dengan power bank

Ketika banjir tiba dan melanda daerah tempat kita tinggal, orang yang paling khawatir dengan keadaan kita adalah keluarga. Pastikan gadget milikmu selalu dalam keadaan menyala agar sanak keluarga selalu tahu terkait kondisimu. Nah, pastikan kamu sudah menyiapkan power bank berkapasitas besar ya. Jangan lupa juga selalu memastikan power bank dalam keadaan terisi penuh.

2. Setidaknya sediakan satu pelampung di dalam rumah

Peralatan Banjir Ini Siap Mempermudah Hidup Saat Bencana | Image Source: Life Guard

Ketinggian banjir yang tak terduga bisa membahayakan nyawa. Oleh karena itu, setidaknya sediakan pelampung dalam rumah. Ketika air mulai meninggi, tak ada satu pun anggota keluarga yang bisa berenang, dan bantuan tak kunjung datang. Pelampung bisa membantumu tetap aman saat mencari bantuan.

3. Tas travel besar anti air untuk simpan segala dokumen dan perlengkapan penting

Sebaiknya semua dokumen penting disimpan dalam tas travel berukuran besar. Jangan lupa sertakan juga berbagai keperluan di tas tersebut. Seperti obat-obatan dan pakaian secukupnya. Supaya saat banjir datang secara tiba-tiba, kamu bisa langsung mengevakuasi diri dan keluarga.

4. Senter atau alat penerangan portable sangat bermanfaat di saat mendesak

Saat banjir tiba, listrik akan dipadamkan untuk mencegah terjadinya konsleting. Saat kamu masih harus bertahan di dalam rumah, sebaiknya kamu menyediakan senter atau alat penerangan portable ya. Tujuannya agar kamu tetap bisa mengontrol suasana sekitar saat malam tiba atau suasana gelap.

5. Sleeping bag bisa membantumu tidur lebih nyaman dibanding hanya beralas tikar

Peralatan Banjir Ini Siap Mempermudah Hidup Saat Bencana | Image Source: Popular Mechanics

Jika banjir mengharuskanmu untuk mengungsi ke luar rumah, sleeping bag akan membantu menghangatkan tubuhmu. Jadi jangan ragu untuk membeli sleeping bag dari sekarang ya Jakmallers!

6. Botol minum ukuran besar yang berisi air bersih

Air merupakan hal yang penting untuk bertahan hidup. Saat banjir datang, tentunya air bersih menjadi hal yang amat langka. Sebaiknya senantiasa sediakan air bersih di dalam botol berukuran besar. Jadi jika sewaktu-waktu bencana datang kita masih bisa mengonsumsi air bersih. Setidaknya hingga bantuan datang.

7. Supaya tetap bersih, yuk gunakan pelindung sepatu saat beraktivitas di tengah banjir

Peralatan Banjir Ini Siap Mempermudah Hidup Saat Bencana | Image Source: Yolanda Huang 

Pada saat banjir tiba, banyak hal-hal membahayakan seperti serpihan benda tajam atau bahkan hewan liar yang berkeliaran di daerah banjir. Sebaiknya lindungi kakimu dengan menggunakan sepatu.

Memakai sepatu saat banjir memang terdengar ribet. Apalagi sepatu cenderung akan kotor. Jika kamu tak memiliki sepatu boots, jangan khawatir, kamu bisa menggunakan pelindung sepatu yang terbuat dari plastik berkualitas. Kakimu akan terlindungi tanpa takut sepatu basah atau kotor.

Nah itu dia 7 peralatan banjir yang bisa memberikan kemudahan saat bencana datang. Siapa nih yang sudah punya semua barang-barang di atas? Tetap siap siaga ya Jakmallers!

Di musim hujan seperti sekarang, jangan lupa jaga kesehatan ya! Tak perlu mahal, karena di sini alat kesehatan Mulai Rp5.000!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk berbagai tips kekinian lainnya!