6 Peralatan Berkebun yang Harus Kamu Miliki sebelum Bercocok Tanam

Ada beberapa peralatan esensial yang dibutuhkan agar kamu dapat berkebun dengan jauh lebih mudah. Berikut ini 6 peralatan berkebun yang sangat harus kamu miliki sebelum kamu bercocok tanam di kebun kamu.

6 Peralatan Berkebun yang Harus Kamu Miliki sebelum Bercocok Tanam
Image Source: Unsplash

Untuk mengolah tanah di kebun atau taman, tentu kamu membutuhkan peralatan yang tepat agar kamu dapat merawat dan bercocok tanam di kebun dengan lebih mudah dan nyaman. Tidak butuh peralatan yang canggih ataupun mahal untuk dapat merawat tanamanmu dengan baik. Meski begitu, ada beberapa peralatan esensial yang dibutuhkan agar kamu dapat berkebun dengan jauh lebih mudah. Berikut ini 6 peralatan berkebun yang sangat harus kamu miliki sebelum kamu bercocok tanam di kebun kamu.

1. Sarung Tangan Tanam

Image Source: Unsplash

Kamu pernah mencoba mencabut atau memotong semak dan rumput berduri hanya menggunakan tangan saja? Pasti rasanya sangat menyakitkan. Selain itu, meski kamu tidak sedang memegang tanaman berbahaya saja, tangan kamu bisa saja iritasi saat tidak menggunakan sarung tangan. Untuk itulah sarung tangan menjadi hal yang sangat penting sebelum berkebun. Sarung tangan dapat melindungimu dari benda tajam, hal yang dapat membuat iritasi dan gatal, serta untuk melindungi tangan kamu dari kotoran. Kamu dapat memilih sarung tangan tanam yang kuat sehingga dapat melindungi tanganmu dari hal yang tidak menyenangkan dan aktivitas berkebun kamu bisa menjadi lebih menyenangkan.

2. Hand Shovel

Image Source: Unsplash

Saat kamu mulai menanam, maka sekop tangan sangatlah diperlukan. Kamu dapat menggali tanah dengan lebih mudah saat menggunakan sekop tangan ini. Selain itu, sekop tangan ini juga dapat membantu kamu untuk mengangkat gulma-gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kesayangan.

3. Hand Fork

In the greenhouse / glasshouse
Image Source: Unsplash

Garpu tangan atau yang biasa disebut dengan hand fork menjadi alat esensial lainnya yang sangat dibutuhkan untuk bertanam. Garpu tangan berguna untuk memecah tanah dan batu yang keras serta menggumpal. Selain itu, garpu ini dapat digunakan untuk mengaduk tanah dan kompos sehingga campurannya dapat lebih konsisten untuk akar tumbuhan.

4. Sekop

Image Source: Unsplash

Berbeda dengan sekop tangan (hand shovel) yang relatif untuk masalah yang ringan, sekop satu ini digunakan untuk menggali tanah yang lebih dalam dan lebih lama. Kamu bisa mengerjakan sebidang tanah dengan lebih cepat saat menggunakan sekop ini.

5. Garpu Penggali

Tools
Image Source: Unsplash

Sama seperti sekop tangan, garpu tangan juga memiliki saudara yang lebih besar yaitu garpu penggali. Garpu penggali bisa kamu gunakan untuk membuat pori-pori di tanah atau menggemburkan tanah yang akan kamu gali menggunakan sekop.

6. Secateurs Gunting Dahan

Secateurs
Image Source: Unsplash

Secateurs atau gunting dahan merupakan alat penting lainnya yang harus kamu miliki. Hal itu karena kamu pasti butuh untuk memotong dahan pada tanaman, entah itu untuk merapikan dahan atau untuk melakukan pemotongan dahan yang telah mati. Sebuah gunting dahan yang baik bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama.

Itulah 6 peralatan berkebun yang harus kamu miliki sebelum berkebun. Dengan memiliki 6 peralatan tersebut, maka aktivitas berkebun kamu pasti akan lebih mudah dan menyenangkan. Selamat berkebun.(*)