5 Perangkat Smart Home Terbaik untuk Memudahkan Hidup Anda

Teknologi smart home, pilihan tepat untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

5 Perangkat Smart Home Terbaik untuk Memudahkan Hidup Anda
Image Source: Unsplash

Teknologi smart home semakin banyak diminati karena memberikan kemudahan dalam mengatur kebutuhan rumah tangga. Dari sekian banyak perangkat smart home yang tersedia, beberapa di antaranya bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas 5 perangkat smart home terbaik yang dapat membuat aktivitas di rumah jadi lebih canggih dan efisien. Semua perangkat ini dapat Anda temukan di Jakmall.com, loh. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Kunci Pintu Pintar

Nuki Smart Lock (Smarthome)
Image Source: Unsplash

Kunci pintu pintar adalah salah satu perangkat pintar yang semakin populer dan banyak diminati. Selain aman, kini Anda bisa mengontrol pintu rumah dengan mudah bahkan dari jauh. Kunci pintar dapat dihubungkan dengan jaringan Wi-Fi rumah dan bisa dioperasikan melalui aplikasi di smartphone. Jakmall.com menawarkan berbagai macam kunci pintar berkualitas untuk meningkatkan keamanan rumah Anda dengan cara yang efisien.

2. Lampu Pintar

Lamp
Image Source: Unsplash

Lampu pintar atau smart light adalah perangkat cerdas yang memungkinkan Anda untuk mengontrol pencahayaan di dalam rumah secara otomatis bahkan dari jarak jauh melalui smartphone atau suara. Banyak pilihan lampu pintar yang tersedia di pasaran, mulai dari merek Philips Hue hingga Xiaomi.

Beberapa fitur yang dimiliki lampu pintar antara lain kemampuan mengatur kecerahan dan warna, serta jadwal pencahayaan otomatis yang dapat menghemat energi listrik. Dengan lampu pintar, Anda dapat membuat suasana yang berbeda di dalam rumah, mulai dari suasana santai hingga suasana yang lebih hidup. Selain itu, penggunaan lampu pintar juga dapat membantu menghemat biaya listrik dan membuat rumah Anda terlihat modern.

3. Smart CCTV

I found this camera on the top of another lookout tower I found. First, it looked away and then turned its eye on me. I wish I took another shot to make it visible on the photograph.
Image Source: Unsplash

Smart CCTV, atau kamera pengawas pintar, adalah salah satu perangkat pintar yang dapat digunakan di rumah. Smart CCTV biasanya terhubung dengan jaringan internet rumah dan dapat diakses melalui aplikasi di smartphone atau tablet. Fitur-fitur pada smart CCTV bisa beragam, mulai dari pemantauan 24 jam, rekaman video, hingga notifikasi saat mendeteksi gerakan atau suara mencurigakan di sekitar rumah.

Beberapa smart CCTV bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat membedakan antara manusia, hewan peliharaan, atau benda mati. Dengan demikian, notifikasi yang diterima akan lebih akurat dan tidak terlalu sering mengganggu karena tidak terpicu dengan objek yang tidak perlu. Smart CCTV tentu saja dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan di rumah, karena penghuni rumah dapat memantau aktivitas di sekitar rumah dengan lebih mudah.

4. Stopkontak Pintar

Desktop socket white with tablet and green plant
Image Source: Unsplash

Stopkontak pintar merupakan home device yang dapat menghubungkan semua peralatan listrik di rumah dengan internet. Dengan stopkontak pintar, Anda dapat memantau dan mengontrol peralatan elektronik seperti lampu, televisi, atau kipas angin dengan mudah menggunakan smartphone atau perangkat lain yang terkoneksi internet.

Selain itu, beberapa jenis stopkontak pintar juga dilengkapi dengan pengukur daya, yang memungkinkan Anda untuk melacak penggunaan daya dari setiap peralatan elektronik di rumah dan mengontrolnya untuk menghemat energi. Anda dapat menemukan berbagai jenis stopkontak pintar yang terkoneksi Wi-Fi di Jakmall.com.

5. Smart Home Gateway Hub

Image Source: Homey

Smart home gateway hub adalah perangkat yang berfungsi sebagai pusat kontrol untuk seluruh perangkat pintar di rumah Anda. Dengan menggunakan smart home gateway hub, Anda dapat mengatur semua perangkat pintar yang terhubung melalui jaringan Wi-Fi, Bluetooth, atau ZigBee dalam satu aplikasi. Perangkat ini biasanya dapat terhubung dengan berbagai merek perangkat pintar, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas.

Salah satu contoh smart home gateway hub yang bisa Anda beli di Jakmall.com adalah Xiaomi Mi Smart Home Gateway. Dengan perangkat ini, Anda bisa mengontrol perangkat pintar lain seperti lampu, stopkontak, kipas angin, dan AC melalui satu aplikasi yang terhubung dengan Google Assistant atau Amazon Alexa.

***
Demikianlah lima perangkat pintar terbaik yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah dan nyaman. Semua perangkat ini tersedia untuk dibeli di Jakmall.com, dan dapat membantu Anda membangun sistem rumah pintar yang mudah dikontrol. Dengan perangkat pintar yang tepat, Anda dapat meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi di rumah. Hidup yang jauh lebih baik pun dapat Anda nikmati.