5 Hal yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Rantau

Menjadi mahasiswa rantau bukanlah hal yang mudah, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar dapat menghadapi tantangan dunia perkuliahan.

5 Hal yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Rantau
Image source: Freepik/drobotdean

Demi menuntut ilmu setinggi mungkin di kampus impian, banyak remaja yang rela merantau menyeberangi pulau bahkan negara, tinggal jauh dari orang tua, dan belajar hidup mandiri.

Namun, bagi sebagia orang menjadi mahasiswa rantau bukanlah hal yang mudah. Dibandingkan dengan mahasiswa lokal, mahasiswa rantau harus memperhatikan banyak hal sebelum memulai perkuliahan agar dapat menghadapi tantangan dan menikmati pengalaman berkuliah dengan baik.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Rantau

Untuk kamu yang akan menjadi mahasiswa rantau, simak artikel berikut untuk mengetahui hal apa saja yang harus disiapkan dan dipertimbangkan sebelum berkuliah di luar kota.

1. Riset Mengenai Kampus yang Dituju

Riset Mengenai Kampus yang Dituju
Image source: Unsplash/Christin Hume

Hal yang penting dan jarang diperhatikan oleh banyak orang saat akan merantau adalah riset tempat yang akan dituju. Riset merupakan cara yang dapat membantu kamu untuk mengenali dan menyesuaikan diri di tempat baru.

Kamu bisa riset jarak antara kampus dan kos, letak gedung perkuliahan, gerbang yang paling dekat dan mudah diakses, hingga letak setiap kantin yang ada di kampus.

Selain riset kebutuhan dasar, kamu juga perlu mencari tahu bagaimana kehidupan para mahasiswa di kampus tersebut. Apa saja kegiatan selain perkuliahan atau unit kegiatan mahasiswa yang bisa diikuti juga penting untuk diketahui.

2. Mencari Tempat Tinggal (Kost atau Kontrakan)

Mencari Tempat Tinggal (Kos atau Kontrakan)
Image source: Twitter/@mysecacc6

Saat sudah diterima di kampus impian, jangan lupa untuk mencari informasi tempat tinggal selama marantau seperti kost atau kontrakan. Perhatikan jarak, kemudahan akses, harga, dan ketersediaan tempat makan di sekitarnya.

Fasilitas yang beragam turut memengaruhi harga yang ditawarkan. Biasanya kost untuk mahasiwa telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti tempat tidur, meja belajar, kamar mandi dalam, atau dapur dengan harga yang lumayan mahal.

Credly Sikat Kamar Mandi Gantung Wall Mounted Toilet Brush - C062 - White - JakartaNotebook.com
Credly Sikat Kamar Mandi Gantung Wall Mounted Toilet Brush - C062 termurah. Dapatkan dengan mudah Credly Sikat Kamar Mandi Gantung Wall Mounted Toilet Brush - C062 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Namun, jika kamu mencari kos atau kontrakan dengan harga yang lebih terjangkau maka jangan berekspetasi terlalu tinggi dengan fasilitas yang ditawarkan, ya. Bahkan ada juga tempat yang hanya menawarkan kamar tanpa fasilitas apa pun.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tempat tinggal selain fasilitas dan akses ke kampus adalah tingkat keamanan, tempat parkir, dan tingkat keramaian penghuni.

Ada baiknya kamu sudab memesan tempat tinggal 1-3 bulan sebelum masuk kuliah untuk memudahkan prosen pindah. Mencari tempat tinggal secara mendadak akan membuat kamu repot sendiri karena belum mengenali suasana dan lingkungan tempat tersebut.

Saran lain untuk kamu yang baru memasuki dunia perkuliahan adalah membawa barang secukupnya. Hal ini dilakukan akrena kamu bisa saja memutuskan untuk pindah saat pergantian tahun atau semester setelah menemukan tempat tinggal yang lebih baik.

3. Menyiapkan Peralatan Sehari-hari

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya bagi mahasiswa rantau adalah menyiapkan peralatan atau perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain alat tulis, tas, dan kebutuhan kuliah lainnya, kamu biasanya membutuhkan peralatan rumah tangga seperti alat masak (penanak nasi), setrika, stopkontak tambahan, sapu, pel, rak sepatu, dan lainnya.

Jual BROCO T Arde Steker Colokan Cabang 3 Lubang
Saklar & Stop Kontak Listrik BROCO T Arde Steker Colokan Cabang 3 Lubang harga Rp 21.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan mandi seperti sabun, shampoo, sikat gigi, handuk, dan lain-lain. Jika kamu tipe orang yang lebih suka memasak sendiri, maka menyiapkan aneka bahan makanan dan bumbu dapur juga tidak boleh terlewatkan.

Selalu ingat untuk hanya membawa barang yang memang dibutuhkan agar tidak terlalu berat. Seiring berjalannya waktu jumlah barang di tempat tinggal kamu akan meningkat dan berakhir tidak digunakan akibat efek dari kegiatan perkuliahan yang padat.

4. Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan
Image source: Freepik/Freepik

Saat memilih kuliah di luar kota, pastikan juga untuk memikirkan anggaran yang harus dikeluarkan. Buat anggaran bulanan yang realistis dan catat setiap pengeluaran sehingga kamu tahu berapa banyak bisa berhemat atau berapa banyak budget yang perlu dikeluarkan saat berada dalam kondisi terburuk.

Jika kamu bergaul dengan teman-teman yang menghabiskan uang dua kali lebih banyak dari uang bulananmu, maka kehidupan merantau kamu bisa terasa seperti mimpi buruk.

Kebiasaan boros ini bisa 'menular' dan menyebabkan kamu kehabisan uang bulanan karena sudah digunakan belanja. Jika berada dalam kondisi ini tentu kamu merasa sungkan untuk meminta uang tambahan pada orang tua dan pada akhirnya jadi pusing sendiri.

Jadi cobalah mulai mengatur keuangan dan tetap berpegangan pada anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Selalu sisihkan uang untuk ditabung sehingga saat dalam keadaan darurat kamu bisa menggunakannya.

5. Rencanakan Moda Transportasi

Hal yang tidak boleh lewat disiapkan sebelum merantau adalah merencanakan transportasi yang digunakan untuk perjalanan pulang dan pergi selama belajar di kota orang

Kalau jarak kampus dengan tempat tinggal cukup jauh, maka mau tak mau kamu butuh kendaraan pribadi untuk memudahkan perjalanan ke kampus atau saat ingin bepergian.

Jual Deco Payung Lipat Desain Botol Wine Folding Umbrella Anti
Aksesoris Fashion Pria Deco Payung Lipat Desain Botol Wine Folding Umbrella Anti UV - YS06 harga Rp 36.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Namun, jika kampus tempat kamu menimba ilmu mudah dijangkau oleh kendaraan umum, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas ini karena dapat mengirit pengeluaran dan mengurangi kemacetan.

Catatan untuk kamu yang memilih menggunakan kendaraan umum, jangan lupa untuk memperhitungkan kendaraan apa yang digunakan dan biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi dan pulang kuliah.

Persiapkan diri sebaik mungkin serta jangan lupa untuk mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan kota dan kampus tujuan agar kamu bisa menjalani kehidupan kampus yang menyenangkan.