Produk yang Banyak Dicari selama Ramadhan, Siap-Siap Untung!

Percaya atau tidak, selama bulan Ramadhan ada beberapa produk yang selalu laris manis di pasaran.

Produk yang Banyak Dicari selama Ramadhan, Siap-Siap Untung!
Image Source: Unsplash

Bulan Ramadan sudah di depan mata, nih! Banyak orang yang mulai melakukan persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan. Selain persiapan mental dan spiritual, kebanyakan orang akan mempersiapkan makanan dan minuman atau membeli produk-produk yang bermanfaat.

Percaya atau tidak, selama bulan Ramadhan ada beberapa produk yang selalu laris manis di pasaran. Banyak makanan ringan, minuman, hingga kebutuhan sehari-hari yang sering dicari dan diburu oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dan kebiasaan yang berkaitan dengan ibadah di bulan suci ini.

Kebutuhan yang meningkat di bulan Ramadhan bisa menjadi kesempatan baik bagi para pebisnis. Dengan menawarkan produk-produk yang dibutuhkan selama Ramadhan, kamu bisa mendapatkan keuntungan secara finansial dan sosial. Kira-kira apa saja sih produk yang banyak dicari selama bulan Ramadhan?

Image Source: Jakmall

1. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman menjadi produk tertinggi dengan persentase 65% yang banyak dicari, khususnya produk makanan manis dengan persentase 38%. Selain produk makanan, kamu juga bisa menyediakan produk yang masih berkaitan dengan makanan, seperti toples atau peralatan makan.

2. Fashion and Apparel

Banyak orang berusaha berpenampilan baik untuk bepergian selama Ramadhan. Tak ayal, produk fashion dan apparel juga banyak dicari dengan persentase 55%. Menawarkan produk pelengkap fashion, seperti jam, sepatu, dompet, hingga tas bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

3. Restaurant and Food Delivery

Di hari biasa, banyak orang yang melakukan pembelian makanan secara online. Hal ini tentunya akan meningkat saat Ramadhan. Selain turut menjual makanan secara online, kamu bisa memfasilitasi para pebisnis dengan menyediakan plastik pembungkus makanan, plastik vacuum, hingga printer struk.

4. Travel and Life Events

Telah disinggung sebelumnya, masyarakat akan banyak bepergian selama Ramadhan. Tidak ada salahnya kalau kamu menawarkan produk-produk untuk traveling. Untuk barang-barang yang sering digunakan saat traveling, kamu bisa membaca selengkapnya di sini.

Ironing out your strategy
Image Source: Unsplash

Apakah mengetahui produk yang banyak dicari saja sudah cukup? Tentunya belum. Sebelum mempromosikannya secara digital, kamu harus menentukan target audiens. Setiap jenis produk pasti memiliki segmen yang berbeda. Pahami juga kata kunci yang dicari oleh target audiensmu. Kamu bisa memantaunya melalui Google Trends.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan promo. Bukan hal baru kalau konsumen menyukai adanya promo saat membeli sesuatu. Tapi, kamu harus menentukan produk apa yang tepat untuk diberikan promo saat bulan Ramadhan. Promo bisa berupa potongan harga atau donasi saat konsumen membeli produk tersebut.

Kemasan juga tidak boleh kamu lewatkan. Meski produk yang kamu tawarkan tidak berkaitan secara langsung dengan bulan Ramadhan, kamu dapat mengemasnya dengan nuansa Ramadhan. Konten-konten bernuansa Ramadhan akan banyak digemari oleh konsumen.

Konsumen akan lebih menghargai konten yang memiliki nilai lebih. Selama bulan Ramadhan, kamu bisa membuat konten seputar tips-tips yang cocok untuk bulan Ramadhan. Tapi, perlu diingat kembali bahwa konten perlu disesuaikan dengan target audiens.

***
Itulah beberapa produk yang laris selama bulan Ramadhan. Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan. Siapa tahu ini bisa menjadi peluang besar untuk berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan strategi yang tepat guna menunjang penjualan produkmu selama bulan Ramadhan ya. Selamat berbisnis!


Source: https://www.marketeers.com/ , https://cv-indonesia.com/