Ragam Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa, banyak fakta unik seputar bulan penuh kebaikan ini. Yuk, simak!

Ragam Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan
Image Source: Freepik

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan dan berbagai keunikan. Bulan ramadhan banyak diisi dengan beragam kegiatan keagamaan dan berbagai aktivitas lainnya yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan.seperti membuat kuliner khas ramadhan, ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga fakta-fakta unik seputar Ramadhan yang mungkin belum Anda ketahui atau tidak disadari. Fakta-fakta unik ini hanya terjadi di bulan Ramadhan saja dan tidak terjadi di bulan lainnya, Berikut adalah beberapa fakta unik seputar bulan Ramadhan yang mungkin belum banyak diketahui:

Awal dan Akhir Puasa Ramadhan Berbeda-beda di Setiap Negara

Meskipun bulan Ramadhan dimulai setelah bulan Sya'ban, awal puasa Ramadhan berbeda-beda di setiap negara, tergantung pada pengamatan bulan sabit. Di beberapa negara, pengamatan bulan sabit dilakukan secara langsung, sementara di negara-negara lain, awal puasa ditentukan berdasarkan perhitungan astronomi. Di Indonesia sendiri perbedaan penentuan akhir puasa ramadhan atau awal bulan Syawal juga sering terjadi karena masalah yang sama yaitu perbedaan metode pengamatan bulan. Meski demikian, perbedaan tersebut harus disikapi dengan bijak dan saling menghargai agar tercipta keharmonisan terhadap sesama muslim terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Lama Berpuasa Berbeda-beda di Setiap Negara

Selain penentuan awal dan akhir bulan Ramadhan, lama waktu berpuasa di setiap negara juga memiliki keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan setiap negara memiliki waktu siang yang berbeda-beda. Di Indonesia, umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama 13 jam, namun di beberapa negara yang memiliki waktu siang yang lebih lama seperti Rusia, Finlandia, dan Swedia, umat muslim di sana melakukan ibadah puasa hingga lebih dari 20 jam sehari.

Kuliner Khas Bulan Ramadhan

Hadirnya bulan Ramadhan juga diiringi dengan beragam jajanan khas yang biasanya dibuat di bulan ramadhan seperti kolak, pacar cina, es timun suri, es blewah, dan masih banyak lagi. Beragam jenis kuliner tersebut hadir dengan cita rasa yang khas dan menyegarkan membuatnya banyak diminati sebagai santapan berbuka puasa.

Gagal Diet di Bulan Ramadhan

Sebagian orang memanfaatkan bulan ramadhan sebagai momen untuk melakukan diet agar berat badannya dapat turun sesuai yang diinginkan. Hal ini sah-sah saja karena selama berpuasa kita tidak makan dan minum dalam waktu yang lama sehingga secara tidak langsung puasa sendiri itu merupakan salah satu metode diet yang ampuh. Namun, tidak semua orang dapat mengurangi berat badannya selama berpuasa di bulan ramadhan. Sebagian orang bahkan berat badannya naik setelah bulan ramadhan berakhir. Berat badan yang tidak turun dan cenderung naik saat bulan ramadhan disebabkan berbagai hal, salah satunya karena makan berlebihan pada waktu berbuka puasa. Selain itu, mengkonsumsi minuman manis yang berlebihan juga menjadi penyebab mengapa berat badan tidak turun meski tidak makan selama berjam-jam lamanya saat berpuasa.

***
Demikianlah beberapa fakta unik seputar bulan Ramadhan. Meskipun bulan Ramadhan hanya terjadi selama satu bulan setiap tahunnya, bulan ini memiliki banyak keistimewaan dan makna yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.