Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat ASI Bagi Si Kecil

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat ASI Bagi Si Kecil

Terbaik untuk si kecil!

ASI atau air susu ibu memiliki peran penting untuk tumbuh kembang bayi. Hari ASI Sedunia dan Pekan ASI Sedunia selalu dirayakan setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus. Salah satu tujuan penyelenggaraan pekan ASI sedunia adalah untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya peran ASI bagi si kecil.

The World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) atau Aliansi Gerakan Menyusui Dunia dibentuk pada tahun 1991. Setelah itu, pada tahun 1992 untuk pertama kalinya diselenggarakan World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan ASI Sedunia. Sejarah Pekan ASI Sedunia bermula dari upaya WHO dan UNICEF dalam mendukung ibu menyusui di seluruh dunia. Dalam memperingati Hari ASI Sedunia, yuk 5 simak manfaat ASI berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat Asi Bagi Si Kecil | Image Source: simomot.com

ASI mengandung immunoglobulin, sel darah putih, dan zat antibodi yang dapat membentuk sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, ASI dapat mencegah bayi dari gangguan pencernaan dan juga pernapasan.

Cek harga terbaru alat pompa ASI di sini dan temukan promo menarik!

2. Asi dapat mencegah obesitas pada si kecil

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat Asi Bagi Si Kecil | Image Source: klikdokter.com

Menurut penelitian yang terdapat pada jurnal Clinical Medicine, jumlah bakteri baik pada usus bayi yang mengonsumsi ASI jauh lebih tinggi. ASI juga mengandung banyak leptin yang dapat mengontrol nafsu makan dan mengatur penyimpanan lemak di dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah obesitas pada bayi.

3. Menciptakan bonding antara ibu dan anak

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat Asi Bagi Si Kecil | Image Source: Unsplash/ Kevin Liang

Bonding adalah ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi. Saat baru dilahirkan, bayi hanya memiliki jarak pandang sejauh 20-25 cm. Dalam buku Maternal-Infant Bonding, disebutkan bahwa manusia memiliki periode sensitif. Di mana ibu dan bayi baru lahir diprogram secara unik untuk berhubungan satu sama lain. Bonding dapat mempengaruhi karakteristik anak di masa mendatang. Selain itu, proses menyusui juga dapat menekan perasaan stres pada ibu.

4. Tulang si kecil akan semakin kuat dengan rutin meminum ASI

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat Asi Bagi Si Kecil | Image Source: Unsplash/Eric Froehling

Dilansir dari Alodokter, ASI mengandung berbagai mineral. Seperti zinc, zat besi, kalsium, klorida, natrium, magnesium, dan selenium. Kandungan tersebut berperan untuk memperkuat tulang, otot, serta penyerapan nutrisi.

5. ASI juga dapat berperan untuk mencegah adanya malnutrisi

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020, Ini 5 Manfaat Asi Bagi Si Kecil | Image Source: doktersehat.com

Menurut data yang terdapat pada Kementerian Kesehatan, ASI merupakan sumber nutrisi dan energi yang penting bagi bayi pada usia 6-23 bulan. ASI memenuhi lebih dari setengah kebutuhan energi pada anak usia 6-12 bulan dan sepertiga dari kebutuhan energi pada anak usia 12-24 bulan. ASI juga dapat berperan dalam proses penyembuhan ketika anak terserang penyakit.

Nah itu dia 5 manfaat ASI yang sebaiknya diketahui. Semoga penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia 2020 ini dapat lebih menyadarkan orang tua di seluruh dunia betapa pentingnya peran ASI terhadap tumbuh kembang dan masa depan si kecil.


Ayo beli perlengkapan bayi di Jakmall yuk! Apa promo spesial ulang tahun lho!

Baca terus Jakmall Blog untuk dapat tips seputar parenting lainnya!

Baca Juga: 9 Cara Menghadapi Anak Remaja yang Keras Kepala dan Pemarah