Resep Bakpao Lembut dan Mulus, Cocok untuk Buka Puasa

Sebagai makanan yang populer di Asia, bakpao bisa jadi santapan lezat untuk dinikmati kapan saja, termasuk saat berbuka puasa.

Resep Bakpao Lembut dan Mulus, Cocok untuk Buka Puasa
Image Source: Devina Hermawan

Sebagai makanan yang nikmat dan mengenyangkan, bakpao selalu jadi pilihan yang tepat untuk menu berbuka puasa atau sahur. Apalagi kalau bikin sendiri di rumah, pasti rasanya akan lebih spesial. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep bakpao ayam jamur berikut ini. Terdapat juga beberapa tips agar bakpao menjadi lebih lembut dan mulus. Siap-siap jadi chef yang sukses bikin bakpao lezat dan menggoda selera!

Bahan Adonan:

275 gr tepung pao/terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
40 gr gula pasir
4 gr ragi
25 gr minyak
200 gr susu cair dingin
1 sdt garam
1 sdt baking powder (opsional)

Isian Ayam Jamur:

400 gr daging ayam
150 gr jamur shitake, cincang
1 ½ sdm tepung maizena
3 batang daun bawang, iris
2 siung bawang putih, haluskan
¼ siung bawang bombai, cincang
5 cm jahe, parut + 4 sdm air
1 butir putih telur
1-2 sdm kecap asin
1-2 sdm saus tiram
2 sdt minyak wijen
3 sdm kecap manis
1-2 sdm gula
½ sdt garam
2 sdt kaldu jamur

Cara Membuat:

1. Campurkan semua bahan kering untuk membuat adonan bakpao. Di tengah-tengah adonan, campurkan sedikit demi sedikit bahan cairnya. Aduk dengan sumpit agar tidak berantakan.

2. Jika adonan sudah mulai menyatu, Anda boleh mengaduknya dengan tangan sebentar saja agar lebih tercampur.

3. Agar ragi dan gula larut, diamkan adonan selama 15-30 menit di dalam tempat tertutup. Anda bisa menutupnya menggunakan plastik wrap.

4. Setelah didiamkan, uleni/pipihkan adonan agar seluruh bahannya lebih menyatu.

💡
Tips: Ingat, bakpao menggunakan bahan yang kurang terhidrasi. Menguleni dengan tangan menyebabkan adonan menjadi pecah. Sebaiknya uleni menggunakan roller agar tetap halus dan lembut.

5. Pipihkan adonan menggunakan roller. Selanjutnya lipat dan pipihkan kembali. Langkah ini bisa diulangi 3-4 kali. Saat adonan sudah tampak mulus, simpan adonan selama 30 menit hingga 1 jam dalam keadaan tertutup cling wrap dengan rapat.

💡
Tips: Jika adonan mulai pecah saat dipipihkan, istirahatkan adonan di dalam wadah tertutup selama 5-10 menit. Lalu pipihkan kembali saat adonan sudah mulai lentur.

6. Sembari mendiamkan adonan, Anda dapat menyiapkan bahan isian. Panaskan minyak, lalu tumis jamur hingga kecoklatan. Masukkan bawang bombay dan daun bawang, lalu tumis hingga kecoklatan, sisihkan.

7. Aduk ayam cincang dengan garam, gula, dan penyedap hingga mengental. Masukkan air perasan jahe, bawang putih halus, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, putih telur, maizena, dan tumisan jamur lalu aduk hingga tercampur rata, sisihkan.

💡
Tips: Penggunaan bahan maizena dapat merekatkan adonan dan melembutkan ayam.

8. Siapkan adonan bakpao yang telah didiamkan selama 30 menit hingga 1 jam. Pipihkan dan bentuk adonan menyerupai persegi panjang agar mudah dibentuk.

9. Setelah berbentuk persegi panjang, gulung adonan mulai dari pinggir agar semakin rapat. Adonan akan tampak memanjang, Anda pun dapat memotongnya menjadi 8 bagian.

10. Mulai bentuk adonan seperti mangkuk dan masukkan isian ayam jamur ke dalamnya. Bentuklah bulat atau sesuai keinginan Anda.

💡
Tips: Saat membentuk adonan seperti mangkuk, usahakan bagian bawahnya lebih tebal. Selain mencegah adonan robek saat dibentuk bulat, ini juga membuat posisi isian nantinya berada tepat di tengah.

11. Jika malas membulatkan adonan satu per satu, Anda dapat menggunakan alat pembentuk bakpao. Alat ini membuat tampilan bakpao menjadi rapi dan cantik. Anda dapat menemukan alatnya di Jakmall.com.

12. Proofing adonan selama 10-15 menit atau hingga mengembang dengan ditutup lap bersih.

13. Masukkan bakpao ke dalam kukusan yang sudah mendidih lalu kukus selama 15-18 menit tergantung ukuran bakpao.

14. Bakpao siap disajikan.


Source: https://youtu.be/UpX3gzBH16I