Ayo berantas buta huruf

Hari Literasi Internasional (International Literacy Day) atau yang biasa disebut Hari Aksara Internasional selalu diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan suatu dukungan untuk mengurangi angka buta aksara, sekaligus mengembangkan minat baca di kalangan masyarakat.

Tujuan dibentuknya Hari Aksara internasional adalah sebagai penghargaan kepada pihak yang turut andil menekan angka buta aksara di seluruh dunia. Juga menyadarkan setiap individu, komunitas, dan masyarakat bahwa melek huruf atau melek aksara sangatlah penting. Yuk simak beberapa hal yang sebaiknya kita ketahui terkait peringatan Hari Aksara Internasional ini.

Beli pembersih kacamata di sini hanya Rp5.000 loh!

1. Bagaimana sejarah Hari Aksara Internasional?

Sambut Hari Aksara Internasional 2020, Ketahui Tema & Sejarahnya Yuk! | Image Source: Al-Jazeera

Pada 8-19 September 1965, konferensi para menteri pendidikan terkait pemberantasan buta huruf diadakan. Saat itu, pemerintah Iran menyarankan UNESCO untuk memberikan penghargaan kepada individu maupun kelompok yang berjuang memberantas buta huruf di seluruh dunia.

Pada 26 Oktober 1966 di sesi ke-14 Konferensi Umum UNESCO, akhirnya ditetapkanlah 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. Sejak saat itu, berbagai negara memberikan penghargaan untuk dukungan dan apresiasi terhadap orang-orang yang berperan dalam memberantas tuna aksara. Seperti penghargaan The Mohammad Reza Pahlavi dan The Noma Literasi Prize.

2. Tentang Hari Aksara Internasional 2020 yang sedikit berbeda

Sambut Hari Aksara Internasional 2020, Ketahui Tema & Sejarahnya Yuk! | Image Source: teahub.io

Pandemi tak menghalangi UNESCO untuk tetap memperingati International Literacy Day. Dilansir dari en.unesco.org, tema yang akan diangkat dalam peringatan Hari Aksara Internasional 2020 adalah “Literacy Teaching and Learning in the Covid-19 Crisis and Beyond”.

Di momen Hari Aksara Internasional 2020, terdapat dua penghargaan yang akan diberikan, yaitu King Sejong Literacy Prize dan Confucius Prize for Literacy. Berbeda dengan tahun sebelumnya, UNESCO akan menggelar peringatan Hari Aksara Internasional 2020 secara virtual.

3. Apa sih yang bisa kita lakukan untuk Hari Aksara Internasional?

Sambut Hari Aksara Internasional 2020, Ketahui Tema & Sejarahnya Yuk! | Image Source: inioke.com

Aksara dinilai sangat penting untuk mempermudah komunikasi. Sayangnya, hingga saat ini masih ada orang yang buta aksara. Jadi, sebagai orang yang bisa membaca, kita dapat ikut serta menekan angka buta aksara ini. Misalnya, memberi donasi buku bacaan atau menjadi relawan dengan mengajar cara membaca untuk orang-orang di sekitarmu.

Itu dia beberapa informasi tentang peringatan Hari Aksara Internasional. Semoga dengan adanya peringatan ini, kita semakin sadar akan pentingnya aksara guna meningkatkan pendidikan, menekan kemiskinan, dan mencegah ketidaksetaraan.

Selamat Hari Aksara Internasional 2020 ya, Jakmallers!


Temukan koleksi buku pelajaran dengan harga terjangkau di sini!

Kunjungi Blog Jakmall untuk dapat informasi menarik lainnya!

Baca Juga: 8 Buku Self Improvement untuk Bantu Lawan Depresimu, Yuk Baca di 2020!