Tips Memilih Sadel agar Semakin Nyaman saat Bersepeda

Dengan memilih sadel sepeda yang tepat, Anda dapat bersepeda dengan lebih nyaman meski berjam-jam lamanya, lho.

Tips Memilih Sadel agar Semakin Nyaman saat Bersepeda
Image Source: Unsplash

Bersepeda menjadi salah satu tren yang mulai banyak digemari di masa pandemi Covid-19 hingga sekarang. Tren bersepeda ini juga didukung dengan hadirnya sarana penunjang untuk pesepeda, seperti trek yang ada di sepanjang jalan raya. Antusias para pesepeda juga diiringi dengan banyaknya spare part dan aksesoris sepeda yang dijual di pasaran, salah satunya sadel.

Sadel atau yang lebih dikenal dengan nama jok sepeda merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah sepeda. Sadel sepeda sangat menentukan kenyamanan duduk selama bersepeda. Dengan memilih sadel sepeda yang tepat, Anda dapat bersepeda dengan lebih nyaman meski berjam-jam lamanya. Berikut tips memilih sadel sepeda yang bisa Anda perhatikan.

1. Material Pad Sadel

Image Source: Jakmall

Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan saat bersepeda, memilih sadel yang empuk merupakan pilihan tepat. Sadel yang empuk umumnya terbuat dari bahan busa pada bagian dalamnya sehingga bersepeda jadi lebih nyaman, meskipun menghadapi medan jalan yang bergelombang atau tidak rata.

Pilihlah sadel dengan desain berlubang di bagian tengahnya karena dapat menjaga sirkulasi udara sehingga bagian bawah pinggul tidak terasa panas saat bersepeda dalam waktu yang lama.

2. Bentuk Sadel

Image Source: Jakmall

Bentuk juga harus diperhatikan saat memilih sadel sepeda. Bagi Anda yang bersepeda di tengah kota menggunakan sepeda lipat atau sepeda listrik, memilih sadel dengan bentuk yang lebar merupakan pilihan yang tepat. Sementara sepeda jenis MTB atau sepeda gunung dan sepeda racing lebih cocok dengan bentuk sadel yang lebih ramping.

Jenis sepeda akan mempengaruhi posisi duduk dan performa saat bersepeda. Itulah kenapa bentuk sadel sebaiknya disesuaikan dengan jenis sepeda dan track yang biasa Anda lalui.

3. Jarak Tempuh Sepeda

Image Source: Jakmall

Anda tipikal orang yang bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh? Jika iya, Anda harus memilih sadel yang tepat, karena jarak sangat mempengaruhi kenyamanan saat bersepeda. Sepeda jarak jauh atau sepeda touring cocok dengan jenis sadel yang lebih runcing untuk menyesuaikan bagian pinggul dengan penempatan busa yang pas.

Beda lagi dengan sepeda racing, agar Anda dapat melaju lebih cepat, penggunaan material yang ringan pada sadel merupakan pilihan yang paling tepat. Sadel yang ringan biasanya menggunakan PVC atau polikarbonat sebagai material utamanya.

***
Itulah tips memilih sadel sepeda yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengganti sadel bawaan sepeda Anda. Sadel sepeda memiliki fungsi yang berbeda tergantung jenis dan penggunaanya. Tentukan sadel sepeda yang cocok untuk kebutuhan bersepeda Anda.