9 Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun, Nomor 9 Wajib Dicoba!

9 Tips Menabung untuk Menikah dalam  1 Tahun, Nomor 9 Wajib Dicoba!

Harus tetap realistis ya!

Pernikahan adalah hal sakral yang diimpikan hampir setiap orang. Walau begitu, masih banyak pasangan yang ragu karena masalah finansial atau keuangan. Apakah kamu merencanakan pernikahan sederhana dalam satu tahun ke depan? Kalo iya, ini waktu tepat buat menyisihkan penghasilanmu sebagai budget pernikahan.

Menabung untuk pernikahan bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Perlu trik tersendiri agar tetap konsisten. Berikut ini Jakmall Blog telah merangkum 9 tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun.

1. Pisahkan rekening tabungan pernikahan dan biaya hidup sehari-hari

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Unsplash/Nick Pampoukidis

Sebaiknya, pisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa digunakan sehari-hari. Tujuannya, agar dana tetap aman dan dapat mencegah kamu memakai uang tabungan pernikahan tanpa disengaja.

2. Harus kompak menabung bersama dan berkomitmen untuk tidak menggunakannya

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Unsplash/Rémi Walle

Waktu satu tahun termasuk cepat. Jika kamu ingin melaksanakan pernikahan, tak ada salahnya bekerjasama dengan pasanganmu saat menabung. Contohnya, jika penghasilanmu dan pasangan Rp5 juta, sisihkan minimal Rp1 juta. Artinya, dalam satu bulan sudah terkumpul Rp2 juta.

Dilansir dari Kompas.com, saat pernikahan diadakan di luar jam kerja, akan dikenakan biaya KUA sebesar Rp600 ribu. Nah, uang tabungan selama satu bulan sudah bisa digunakan untuk biaya KUA dan membeli souvenir sederhana.

Cek harga sedotan stainless buat souvenir pernikahanmu yuk, mulai dari Rp6Rb-an aja!

3. Refreshing tahun ini cukup sederhana saja ya Jakmallers!

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Pixabay

Refreshing bisa melegakan pikiran dari beban pekerjaan. Tetapi, saat ingin menabung untuk menikah dalam waktu 1 tahun, pertimbangkan di mana kamu akan refreshing. Tak perlu mahal, mampir ke kedai kopi atau teh favorit sambil membaca novel atau streaming film juga merupakan refreshing. Intensitasnya harus dikurangi ya. Jadi, kamu bisa mengalihkan dananya buat persiapan pernikahan.

4. Tahan dulu keinginanmu untuk membeli barang mewah yang tak ada benefit-nya

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: freestocks

Tak ada salahnya menghentikan kebiasaan hedonmu untuk sementara waktu. Daripada membeli barang mewah, lebih baik uangnya digunakan untuk mencicil printilan pernikahan. Seperti souvenir, seserahan, atau kebutuhan lainnya.

5. Boleh saja jajan, tapi jangan kebablasan ya!

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: aau.edu

Memang terdengar sepele dan tak butuh uang banyak agar bisa jajan. Tetapi, jika dilakukan secara terus menerus akan membuat pengeluaran harianmu semakin membengkak. Boleh saja sih jajan, yang penting jangan sampai kebablasan atau menggunakan uang tabungan pernikahan ya.

6. Merencanakan pernikahan sederhana namun tetap berkesan

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Eleven Light & Ali Photo

Sambil menabung untuk menikah, sebaiknya kamu juga sudah mulai menentukan bagaimana konsep pernikahan. Upacara adat dalam pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Prioritaskan kebutuhan penting saja. Seperti hidangan, tempat, makeup, atau akomodasi lainnya.

Tema minimalis atau nasional bisa jadi solusi buat kamu yang tak ingin mengeluarkan budget lebih untuk pelaksanaan upacara adat atau dekorasi yang terkesan mewah. Walaupun sederhana, pastikan resepsi terencana dan terlaksana dengan baik ya, Jakmallers.

7. Perhitungkan semuanya dengan baik dan sesuai dengan kemampuan

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Crissy Jarvis

Perhitungkan juga kemampuanmu dan pasangan. Sebaiknya, melakukan survei harga berbagai keperluan pernikahan. Sesuaikan pendapatan kalian dengan jasa yang dipilih. Jika masing-masing penghasilan kamu dan pasangan adalah Rp5 juta perbulan dan menyisihkan 20% dari pendapatan, sebaiknya tidak menyebarkan lebih dari 250 undangan.

8. Saat menabung, jangan lupa siapkan biaya tak terduga

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: avrist.com

Ketika telah survei harga semua keperluan, pastikan kamu memiliki dana tambahan atau dana tak terduga. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kenaikan biaya produk atau jasa pada satu tahun ke depan.

9. Cari penghasilan tambahan yang tidak memerlukan modal besar

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun | Sumber Gambar: Thought Catalog

Jika hanya mengandalkan penghasilan dirasa tidak memungkinkan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan yang tak membutuhkan modal besar. Contohnya, menjadi freelancer di bidang kreatif atau bergabung menjadi dropshipper.

Itulah 9 tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun. Gimana, apakah Jakmallers siap memulainya dari sekarang?


Mau bisnis online dengan modal kurang dari Rp500.ooo? Bisa banget! Klik di sini buat tau caranya

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk tips menarik lainnya

Baca Juga: 9 Peluang Usaha Saat Pandemi COVID-19 yang Bisa Kamu Coba