9 Tips Ramadhan Produktif untuk Lebih Semangat Saat Beribadah

9 Tips Ramadhan Produktif untuk Lebih Semangat Saat Beribadah

Puasa tak menjadi halangan!

Salah satu godaan yang sering datang ketika sedang berpuasa adalah rasa haus, lapar, dan juga lemas. Kalau sudah begitu, pasti ada saja godaan untuk bermalas-malasan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Padahal di bulan puasa ada banyak hal positif yang bisa dilakukan. Melakukan kebaikan di bulan Ramadhan juga bisa mendapatkan pahala berlipat lho. Berikut ini 9 tips Ramadhan produktif yang bisa kamu lakukan.

1. Agar lebih produktif, kamu bisa menyusun jadwal kegiatan yang ingin dilakukan

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: Patrick Perkins

Ada banyak kebaikan yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan. Yuk mulai menyusun list untuk berbagai kegiatan positif. Misalnya shalat tepat waktu, kegiatan amal, zakat, mengkhatamkan Al-Quran, tarawih, berbelanja untuk Lebaran, membuat kue, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Biar tidak lupa dan terlewatkan begitu saja, jangan lupa set remender dan ceklist kegiatan yang sudah kamu lakukan.

2. Ketaui keutamaan membaca Al-Quran saat bulan Ramadhan

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: urbandigital.id

Membaca Al-Quran adalah rutinitas yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak? Salah satu keutamaan membaca Al-Quran saat bulan Ramadhan adalah dilipat gandakan pahalanya sebanyak sepuluh kali lipat.

"Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al Quran. Tadarus Al Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan."

3. Mulai melakukan adab ketika sahur yuk!

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: timeoutdubai.com

Salah satu hal yang sebaiknya gak kamu lewatkan adalah makan sahur. Saat makan sahur ada beberapa adab yang bisa kamu jalankan di antaranya adalah untuk makan secukupnya. Sahur dengan porsi berlebihan dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan dan dapat menghambat aktivitasmu ketika berpuasa. Walaupun makan secukupnya, pastikan kebutuhan nutrisimu terpenuhi ya.

4. Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: me.popsugar.com

Menjalankan ibadah puasa bukan jadi alasan untuk berhenti olahraga. Apalagi, hidangan ketika Ramadhan sangat menggugah selera dan menjadi salah satu faktor munculnya obesitas atau berbagai penyakit lainnya. Dilansir dari Kompas.com, waktu berolahraga yang tepat saat berolahraga adalah yaitu setelah subuh, sebelum magrib, serta di antara waktu shalat tarawih dan sebelum tidur.

5. Menjalankan hobi atau kegiatan positif

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: bp-guide.id

Ngabuburit merupakan kegiatan menunggu azan magrib atau waktu berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Biasanya dihabiskan dengan membaca komik, menonton film, atau kegiatan hiburan lainnya. Nah, kamu juga bisa nih melakukan kegiatan positif lainnya, seperti mencoba resep baru, menulis buku, berkebun, atau menjahit.

Yuk mulai berkebun & lengkapi berbagai perlengkapan taman mulai dari Rp750,- aja!

6. Boleh saja tidur siang, tapi jangan berlebihan ya!

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: Alexander Possingham

Saat bulan Ramadhan waktu tidur kita kemungkinan berkurang karena rutinitas sahur dan tarawih. Agar tetap bugar, kamu bisa menggantinya dengan tidur siang . Disarankan untuk tidur siang secukupnya selama 30-60 menit. Tidur siang dengan waktu lama dapat mengakibatkan rasa haus dan penyakit kardiovaskular.

7. Bijaksana saat mengonsumsi makanan dan minuman saat berbuka

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: unjkita.com

Waktu berbuka adalah saat yang dinanti-nanti saat berpuasa. Tak heran, jika kita menyiapkan banyak makanan ketika hendak berbuka. Mulai dari minuman manis hingga berbagai jenis makanan. Kita memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis. Namun, akan lebih baik jika rasa manisnya alami dan didapat dari buah-buahan, misalnya kurma atau semangka. Seperti halnya sahur, saat berbuka kita juga harus mengonsumsi makanan dan minuman secukupnya ya!

8. Rencanakan budget khusus agar pengeluaran terkontrol dengan baik

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: WES

Ketika Ramadhan tiba ada berbagai keperluan yang harus dipenuhi. Mulai dari keperluan harian hingga untuk menyambut hari raya. Jika budget terbatas, sebaiknya kamu menyusun perencanaan khusus. Tujuannya, agar keuanganmu terkontrol dengan baik selama bulan Ramadhan. Hal ini bisa membuat kamu terhindar dari stres juga lho.

9. Kurangi waktu untuk membuka atau bermain media sosial

Tips Ramadhan Produktif | Source Image: Nawacita

Membuka media sosial adalah salah satu hal yang cukup menyenangkan. Kita bisa mendapatkan berbagai informasi termasuk konten menghibur. Namun, sebaiknya kita mulai membatasi diri kita agar tidak berlebihan mengakses media sosial. Tujuannya, untuk membuat kita lebih produktif juga menghindari kita dari konten-konten yang dapat mengurangi pahala atau bahkan membatalkan puasa kita.

Nah, itu dia 9 tips Ramadhan produktif yang bisa kamu lakukan. Terus semangat untuk berbagai hal positif di bulan penuh berkah ini ya. Selamat menjalankan ibadah puasa Jakmallers!

Belanja kebutuhan makin hemat dengan Promo Ongkir Spesial Ramadhan!

Baca terus Jakmall Blog untuk informasi seputar Ramadhan lainnya!

Baca Juga: 8 Konten TikTok Puasa Ramadhan 2021 yang Bermanfaat, Coba Bikin yuk!