Waktunya Berkebun! Berbagai Perlengkapan untuk Mempermudah Perawatan Kebun

Merawat kebun memang membutuhkan tenaga dan kesabaran. Tapi Anda bisa membuatnya menjadi lebih menyenangkan dengan alat-alat ini.

Waktunya Berkebun! Berbagai Perlengkapan untuk Mempermudah Perawatan Kebun
Image Source: Unsplash

Berkebun merupakan salah satu hobi seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di halaman atau pekarangan rumah. Melihat kebun yang hijau dengan berbagai warna bunga yang mekar akan membangkitkan mood dan kesehatan mental. Namun, itu semua terjadi jika Anda rutin merawatnya.

Jika tidak didukung dengan perawatan optimal, tanaman yang ada akan layu dan berwarna kehitaman. Bahkan, tanaman tertentu akan menyebarkan bau tidak sedap saat perawatannya buruk. Merawat kebun memang membutuhkan tenaga dan kesabaran. Anda harus menyiramnya secara rutin, memberi nutrisi, memotong dahan atau daun yang tidak terpakai dan lain sebagainya.

Untuk merawat kebun, Anda membutuhkan beragam peralatan yang memadai agar kegiatan merawat kebun jadi lebih mudah dan efisien. Jika masih bingung peralatan apa saja yang Anda butuhkan, berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda.

1. Sarung Tangan

Image Source: Jakmall

Beberapa tanaman memiliki duri pada tangkainya. Jika tidak hati-hati, duri tersebut akan melukai tangan Anda saat tidak sengaja menyentuhnya. Untuk itu, sebelum berkebun pastikan Anda menggunakan sarung tangan.

Selain untuk menghindari luka akibat duri dan benda tajam lainnya, sarung tangan juga bisa melindungi Anda dari kotoran. Anda bisa leluasa untuk menggali tanah ataupun menyentuh tanaman tanpa perlu khawatir telapak tangan jadi kotor.

2. Gunting Kebun

Image Source: Jakmall

Alat yang satu ini merupakan alat yang wajib Anda persiapkan saat berkebun. Gunting kebun akan mempermudah Anda saat menggunting dahan atau ranting dalam rangka merapikannya tanaman.

Berbeda dengan gunting kertas, gunting kebun memiliki tingkat ketajaman yang lebih tinggi. Jangan andalkan gunting kertas Anda untuk berkebun karena gunting kertas tidak akan kuat untuk memotong benda padat seperti tangkai atau ranting.

3. Selang dan Semprotan Air

Image Source: Jakmall

Untuk mempermudah Anda saat ingin menyiram tanaman, Anda harus menyiapkan selang air terlebih dahulu. Anda juga bisa menambahkan alat semprotan air sehingga Anda bisa menyesuaikan jumlah air yang dikeluarkan.

Semprotan air umumnya memiliki mode semprotan yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa menyiram tanaman dengan jumlah air yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih.

4. Pengusir Hama

Image Source: Jakmall

Apabila kebun Anda sering didatangi hama pengganggu, Anda harus menyiapkan peralatan khusus untuk mengantisipasinya. Anda bisa mengusir hama pengganggu seperti tikus dengan alat khusus pengusir tikus dari TaffLED.

Alat pengusir hama seperti TaffLED bekerja dengan cara memancarkan gelombang ultrasonic yang dapat membuat tikus merasa tidak nyaman dan pergi meninggalkan kebun Anda. Alat ini juga efektif mengusir nyamuk, lalat dan binatang pengganggu lainnya.

5. Sprinkle Taman

Image Source: Jakmall

Jika Anda memiliki kebun yang cukup luas, menyiram tanaman satu persatu tentunya akan memakan waktu dan tenaga ekstra. Oleh karena itu, Anda membutuhkan suatu alat yang dinamakan sprinkle taman. Alat ini akan membantu Anda menyiram kebun ke berbagai arah sehingga proses penyiraman tanaman jadi lebih cepat dan efisien.

***
Itulah berbagai peralatan yang bisa Anda gunakan saat berkebun. Peralatan tersebut akan membantu proses perawatan kebun agar menjadi lebih cepat dan praktis. Tanaman pun dapat berkembang dengan cantik karena terbebas dari hama pengganggu.