7 Alat Sablon Kaos yang Harus Ada untuk Pemula Bisnis Sablon

7 Alat Sablon Kaos yang Harus Ada untuk Pemula Bisnis Sablon
Image Source: The Adair Group

Kaos memang menjadi salah satu item fashion yang sangat fleksibel karena bisa dipadukan dengan berbagai gaya. Jika kamu tidak puas dengan desain kaos di pasaran, kamu dapat mencetaknya sendiri sesuai seleramu menggunakan alat sablon kaos, lho!

Alat sablon kaos merupakan perangkat yang digunakan untuk mencetak desain atau gambar pada kaos menggunakan metode sablon, yaitu pemindahan tinta ke permukaan kaos melalui kasa yang diregangkan di atas frame dan ditempelkan pada kaos.

Dengan menyablon kaos sendiri, kamu dapat mengekspresikan kreativitas, menentukan sendiri kualitas cetakan dan bahan yang digunakan, menghemat biaya pengeluaran dalam berbelanja baju, bahkan bisa menjadi awal peluang bisnis.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan saat ingin mencetak desain kaos sendiri? Nah, sebelum memulainya, ada baiknya untuk simak deretan alat sablon kaos yang perlu dimiliki berikut ini, yuk!

Alat Sablon Kaos

Berikut ini adalah daftar alat dan perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum menyablon kaos.

1. Mesin Cetak DTG

Mesin Cetak DTG
Image Source: Point Garment

Alat pertama yang harus disiapkan tentu saja mesin cetak sablon, yaitu mesin DTG. Cara kerja mesin cetak ini sama dengan mesin printer pada umumnya, nah bedanya dengan printer biasa, mesin ini menggunakan kaos sebagai media cetaknya.

Nantinya mesin akan dihubungkan ke software yang menjadi media untuk mendesain kaos yang telah kamu buat, seperti Coreldraw atau Photoshop. Pastikan mesin sudah terhubung ke software yang ada pada komputer atau laptop.

2. Alat Pengering Sablon atau Hotgun

Alat Pengering Sablon atau HotgunAlat Pengering Sablon atau Hotgun
Image Source: H&L Pro Heat Gun

Berikutnya yang kamu butuhkan adalah hotgun atau alat pengering sablon. Alat ini digunakan untuk mengeringkan tinta sablon pada kaos setelah proses cetak. Walaupun bisa dikeringkan secara manual, tetapi tentu membutuhkan waktu lama.

Dengan alat ini, kamu bisa mengeringkan tinta dengan lebih cepat dan efisien berkat panas atau lampu UV yang diadaptasinya. Hal ini penting untuk mencegah tinta smudging atau merusak kaos saat proses pengeringan.

3. Kompresor

 Kompresor Sablon Kaos
Image Source: Bengkel Print

Kompresor adalah alat yang digunakan untuk menyediakan udara bertekanan yang diperlukan untuk beberapa jenis mesin sablon. Alat ini digunakan sebelum kaos yang masih polos diletakkan di mesin DTG untuk dicetak.

Selain itu, kompresor digunakan untuk menyemprotkan cairan epoxy pada kaos sebelum masuk ke mesin press supaya hasil sablon dapat menempel dengan lebih baik dan tahan lama. Kompresor juga dapat diatur tekanannya sesuai kebutuhan.

4. Kertas Teflon

Kertas Teflon
Image Source: Rhinotec

Kertas teflon digunakan untuk melindungi tinta sablon yang masih basah saat proses pengeringan dengan mesin press panas. Jika tidak menggunakannya, permukaan kain dapat rusak dan desain cetakan yang telah dibuat bisa berantakan.

Lalu dimana posisi kertas teflon dipasang? Kertas teflon ini nantinya diletakkan di atas atau di bawah kaos yang akan dipress. Hal ini berguna untuk mencegah tinta menempel pada bagian lain dari mesin press atau kaos lainnya.

5. Mesin Press untuk Kaos

Mesin Press untuk Kaos
Image Source: Brush Your Ideas

Alat berikutnya adalah mesin press. Mesin press untuk kaos adalah alat yang digunakan untuk membuat tinta yang sudah dicetak pada kaos menjadi lebih tahan lama dan menempel dengan baik, dengan menggunakan panas dan tekanan.

Mesin ini terdiri dari pelat panas yang membantu mentransfer tinta dari kertas ke kaos. Ada beberapa jenis mesin press, seperti mesin press manual, semi-otomatis, dan otomatis, dengan berbagai ukuran dan fitur.

Jual AIBECY Mesin Heat Press Kaos Sablon Mini Adjustable
Setrika AIBECY Mesin Heat Press Kaos Sablon Mini Adjustable Temperature 250W - AB106 harga Rp 260.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Set Tinta dan Cartridge

 Set Tinta dan Cartridge
Image Source: Goinks

Selanjutnya alat yang tidak kalah pentingnya adalah set tinta dan cartridge sebab mesin cetak tidak akan bekerja tanpa adanya kedua item tersebut, yang digunakan untuk membuat pola cetak di atas kaos.

Pilihlah jenis tinta yang memiliki kualitas tinggi agar desain kaos yang telah dibuat dapat tercetak dengan sempurna dan gambar dapat bertahan lama pada kaos. Kamu tentu tidak mau bukan jika gambar pada kaos langsung hilang saat dicuci?

7. Komputer atau laptop

Komputer atau laptop
Image Source: HP

Nah, tools yang tidak boleh ketinggalan dalam menyablon kaos tentu saja komputer atau laptop. Komputer atau laptop digunakan untuk merancang desain, mengelola file cetak, dan mengoperasikan software yang terhubung dengan mesin cetak DTG.

Dengan komputer atau laptop, kamu bisa mengatur setting dan parameter cetakan yang diperlukan untuk mencetak desain dengan hasil yang diinginkan. Sebelum unduh software, pastikan perangkatmu kompatibel dengan software tersebut, ya!

Itulah perlengkapan yang harus untuk menyablon kaos. Pastikan semua alat yang telah disiapkan dalam keadaan baik dan layak pakai. Jangan lupa untuk selalu memeriksa semua bagian dari kerusakan sebelum mengoperasikannya, ya!

Nah, untuk menunjang proses menyablon kaos, kamu dapat menggunakan perlengkapan pendukung lainnya seperti gantungan baju, lint remover, hingga setrika uap.

Selamat mencoba!