Bukan Hanya Tampilan, Inilah Beberapa Tips Memilih Mouse Gaming yang Tepat

Yang terpenting saat memilih mouse gaming bukan hanya dari fisiknya yang keren dengan paduan lampu RGB saja, tetapi bagaimana Anda merasa nyaman saat menggunakannya untuk bermain game.

Bukan Hanya Tampilan, Inilah Beberapa Tips Memilih Mouse Gaming yang Tepat
Image Source: Unsplash

Apabila Anda sering bermain game di PC atau laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan mouse gaming. Mouse gaming adalah salah satu perangkat yang sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman bermain game Anda.

Jika menginginkan mouse yang pas untuk kebutuhan gaming, maka Anda harus memperhatikan berbagai aspek. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan mouse gaming yang tepat.

Perhatikan Tipe Game yang Anda Mainkan

Sebelum membeli mouse gaming, Anda perlu memperhatikan tipe game apa yang sering dimainkan. Jika Anda suka bermain game FPS, Anda mungkin membutuhkan mouse dengan DPI yang tinggi dan tombol yang responsif. Sedangkan untuk game MOBA, Anda mungkin lebih memerlukan tombol-tombol shortcut yang bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Perhatikan Bentuk dan Sisi Ergonomi Mouse

Bermain game tentunya membutuhkan kenyamanan agar fokus Anda tidak terganggu. Memilih mouse gaming dengan bentuk yang ergonomis akan membuat pengalaman gaming Anda jadi lebih menyenangkan. Mouse yang ergonomis artinya sesuai dengan genggaman tangan. Anda pun dapat lebih bebas menggerakkan mouse tanpa rasa sakit pada pergelangan tangan.

Pertimbangkan Berat dan Ukuran Mouse

Tidak hanya bentuknya saja, bobot dan ukuran mouse gaming juga harus Anda perhatikan. Pilih mouse gaming yang sesuai dengan ukuran telapak tangan Anda. Apabila Anda memiliki telapak tangan yang lebar, maka pilihlah mouse dengan ukuran yang lebar.

Begitupun dengan bobot mouse gaming. Anda bisa memilih mouse gaming dengan bobot yang ringan ataupun berat sesuai dengan kenyamanan Anda saat bermain game.

Beberapa mouse gaming terbaru kini dilengkapi dengan fitur untuk mengatur bobot mouse sesuai keinginan. Namun, mouse gaming dengan fitur seperti ini cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Apabila Anda memiliki budget lebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli mouse yang memiliki fitur pengaturan berat.

Perhatikan Sensitivitas pada Mouse Gaming

Untuk sebuah mouse gaming, sensitivitas adalah salah satu hal yang penting. Sensitivitas mouse akan sangat mempengaruhi performa Anda selama bermain game. Semakin tinggi sensitivitas sebuah mouse gaming, maka semakin cepat pula mouse merespon pergerakan pada suatu game.

Apabila Anda bermain game FPS, maka Anda memerlukan sebuah mouse gaming yang memiliki lebih dari satu pengaturan DPI agar mudah Anda sesuaikan. Anda tidak perlu mencari sebuah mouse gaming dengan DPI yang sangat tinggi, karena mouse gaming dengan DPI yang sangat tinggi tidak menjamin kenyamanan Anda saat menggunakannya.

***
Yang terpenting saat memilih mouse gaming bukan hanya dari bentuknya yang keren dengan paduan lampu RGB saja, tetapi bagaimana Anda merasa nyaman saat menggunakannya untuk bermain game. Pastikan untuk memperhatikan sensitivitas mouse, serta bentuk dan bobotnya sebelum memilih sebuah mouse gaming untuk kebutuhan bermain game Anda sehari-hari.