6 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tak Mudah Sakit

Kesehatan bisa kamu dapatnya dengan cara yang mudah. Apa saja? Yuk, simak cara menjaga kesehatan yang bisa dilakukan sendiri di bawah ini

6 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tak Mudah Sakit
Image Source: Unsplash/Jonathan Borba

Kesehatan yang baik merupakan aset berharga yang membentuk dasar kehidupan yang produktif dan bahagia. Untuk mencapai kualitas hidup yang optimal, menjaga kesehatan menjadi suatu prioritas yang tak dapat diabaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara menjaga kesehatan dengan baik.

Ditambah saat ini cuaca sedang tak menentu. Dalam menghadapi cuaca yang tidak terduga, perawatan diri menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan yang optimal. Kamu harus memastikan kondisi tubuh selalu prima agar mampu menjalani berbagai aktivitas dan tidak terpengaruh dengan keadaan cuaca yang tak menentu.

Cara Menjaga Kesehatan

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu dan menjaga tubuh untuk tetap optimal setiap harinya. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut cara menjaga kesehatan tubuhmu.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi Buah dan Sayur
Image Source: Pexels/Toni Cuenca

Mengonsumsi buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena keduanya kaya akan nutrisi yang esensial untuk tubuh. Buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Mengonsumsi buah dan sayur juga penting untuk pencernaan yang lancar karena kaya akan serat.

Jika kamu tidak suka mengonsumsi buah dan sayur secara langsung karena rasanya yang tak enak, kamu bisa membuat jus buah dan sayur yang bisa kamu buat menggunakan slow juicer. Dengan begitu, kamu bisa menikmati buah dan sayur dengan rasa yang lebih enak dan menyegarkan.

2. Rutin Minum Air Putih

Rutin Minum Air Putih
Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Tubuh kita terdiri sebagian besar dari air, dan cairan ini penting untuk fungsi-fungsi tubuh yang vital, termasuk pencernaan, penyerapan nutrisi, transportasi zat-zat, dan regulasi suhu tubuh. Minum air putih merupakan cara untuk membantu menjaga keseimbangan cairan ini. Minum air putih dengan rutin juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang paling mudah.

Dengan rutin minum air putih, maka akan membantu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi, hingga membantu pencernaan.

3. Rutin Olahraga

Rutin Olahraga
Image Source: Pexels/Karl Solano

Olahraga aerobik, seperti berlari, bersepeda, atau berenang, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik membantu memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Jual TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM
Yoga & Fitness TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 harga Rp 101.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Latihan fisik secara teratur dapat meningkatkan tingkat kebugaran fisik. Ini mencakup kekuatan otot, daya tahan kardiovaskular, dan fleksibilitas. Tingkat kebugaran yang baik dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa cepat merasa lelah.

4. Minum Vitamin

Minum Vitamin
Image Source: Pexels/Polina Tankilevitch

Vitamin membantu mengatasi kekurangan nutrisi yang mungkin tidak dapat dipenuhi melalui pola makan sehari-hari. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan suplemen vitamin dapat membantu mengisi celah ini.

Vitamin bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhaan. Vitamin C dan vitamin D, mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin A dan vitamin E, memiliki peran penting dalam memperbaiki dan mempertahankan kesehatan kulit. Vitamin K, adalah nutrien penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sementara itu vitamin B kompleks, berperan dalam konversi makanan menjadi energi. Mereka mendukung metabolisme yang sehat dan membantu tubuh menggunakan nutrisi dengan efisien.

5. Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan
Image Source: Pexels/Ketut Subiyanto

Cara menjaga kesehatan selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan. Berat badan yang sehat memainkan peran kunci dalam mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut, sementara menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Jual Taffware Digipounds Timbangan Dapur Digital Scale 1kg
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Taffware Digipounds Timbangan Dapur Digital Scale 1kg Akurasi 0.1g - i2000 harga Rp 40.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu bisa menjaga berat badan dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak, kurangi konsumsi gula, hingga menjaga pola makan. Rutin olahraga juga menjadi salah satu cara yang baik dan ampuh untuk menjaga berat badan.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Ternyata tidur yang cukup merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Selama tidur, tubuh melepaskan protein dan molekul yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Tidur yang cukup membantu melawan infeksi dan memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Selain itu, tidur yang cukup berperan dalam memelihara fungsi kognitif dan mental. Selama tidur, otak memproses informasi dan mengkonsolidasikan memori, membantu peningkatan daya ingat dan kemampuan belajar. Kekurangan tidur dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, gangguan mood, dan peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Dengan melihat cara menjaga kesehatan di atas, bagaimana? Menjaga kesehatan bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah, bukan? Jangan pernah malas untuk melakukan hal-hal yang membantumu untuk tetap sehat. Kondisi tubuh yang sehat membantumu untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara optimal.


Source:

WikiHow. How to Be Healthy. https://www.wikihow.com/Be-Healthy

10 TIPS FOR MAINTAINING A HEALTHY LIFESTYLE AND BODY WEIGHT. https://fsph.iupui.edu/doc/10-Tips-Healthy-Lifestyle.pdf