Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Earphone

Mungkin Anda memiliki preferensi tersendiri dalam memilih earphone, tapi mempertimbangkan hal-hal mendasar ini dapat membantu Anda mendapatkan earphone yang berkualitas.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Earphone
Image Source: Unsplash

Sebagai komponen utama dalam mendengarkan musik, earphone memang sering dibawa saat berada di dalam kereta, bus umum, dan alat transportasi umum lainnya. Alasan penggunaannya pun beragam, mulai dari menghilangkan bosan, terbebas dari rasa kantuk, hingga menghilangkan stres.

Earphone akan memberikan Anda keleluasaan untuk mendengarkan lagu favorit ataupun menonton film tanpa mengganggu orang di sekitar. Menjadi hal yang wajar jika kini earphone digunakan oleh berbagai kalangan, baik yang muda maupun tua. Agar earphone memberikan manfaat maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membelinya.

Kualitas Suara

black background,flat design,iphone 11 pro max,earphones,desk
Image Source: Unsplash

Kualitas suara merupakan hal yang terpenting saat memilih sebuah earphone. Suara yang tidak jernih dan timbul suara ‘kresek-kresek’ tentunya membuat telinga jadi terganggu. Untuk itu, Anda harus lebih selektif saat memilih earphone.

Jangan terpengaruh dengan embel-embel earphone super bass, tetapi kualitas fisik dan harganya jauh lebih murah dari harga pasaran. Jika Anda membeli di sebuah toko aksesoris offline, ada baiknya melakukan tes produk earphone yang ingin Anda beli. Cek bagaimana kualitas suaranya, apakah sesuainya jernih atau tidak.

Model Earphone

Setelah Anda menentukan earphone dengan kualitas suara yang oke, Anda bisa melanjutkannya dengan memilih model earphone sesuai kebutuhan. Model earphone menjadi salah satu hal yang penting karena bentuk earphone akan menentukan kenyamanannya saat terpasang di telinga.

Berbagai model earphone yang bisa Anda pilih mulai dari earphone klasik, earphone IEM, dan earphone earpods. Earphone klasik bisa Anda identifikasi dengan ciri khas bentuknya yang bulat sehingga menempel pada bagian luar telinga saja, tidak menonjol ke bagian dalam telinga. Karena telinga tidak tertutup secara menyeluruh, maka suara bising dari luar masih bisa terdengar.

Image Source: Shutterstock

Lain halnya dengan earphone jenis IEM, earphone ini memiliki bentuk yang menonjol ke bagian dalam telinga. Adanya bantalan silikon merupakan ciri khas dari earphone jenis ini. Dari segi bentuk, earphone jenis ini bisa dibilang lebih baik dibanding earphone klasik karena saluran lubang telinga tertutup dengan baik sehingga suara dari luar akan sangat tereduksi.

Beda lagi dengan jenis earphone earpods. Earphone yang satu ini didesain khusus oleh perusahaan smartphone terkemuka, yakni Apple sebagai aksesoris pelengkap dari smartphone andalannya yaitu iPhone. Namun, desain earpods ini mulai banyak digunakan produsen aksesoris smartphone lain untuk membuat earphone dengan bentuk yang mirip earpods.

Earpods bisa dibilang memiliki karakteristik yang unik. Bentuknya merupakan kombinasi antara earphone klasik dan earphone IEM. Kesesuaian desainnya dengan bentuk telinga membuat penggunaan earphone jenis ini jadi lebih nyaman.

Earphone Wireless atau Kabel

Saat ingin membeli sebuah earphone, Anda harus menentukan juga apakah ingin menggunakan earphone jenis kabel atau earphone wireless. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan. Pertimbangan ini dapat Anda sesuaikan dengan tujuan penggunaan.

Image Source: Jakmall

Ada yang menggunakan earphone untuk mendengar musik dan ada pula yang menggunakannya untuk bermain game. Untuk mendengar musik, baik earphone kabel ataupun earphone wireless sama-sama dapat memberikan kualitas suara yang baik.

Earphone wireless memiliki desain yang portable sehingga lebih ringkas dan praktis. Meski terbilang unggul dibanding earphone jenis kabel, earphone wireless memiliki kelemahan yang mendasar, salah satunya dalam hal latensi atau delay. Masalah ini yang membuatnya kurang cocok digunakan saat bermain game. Untuk bermain game, earphone dengan kabel merupakan pilihan yang tepat.

Pemilihan Kabel

Image Source: Razer.com

Bagi Anda yang memilih untuk membeli earphone jenis kabel, ada satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu kualitas kabel. Kualitas kabel sangat menentukan daya tahan suatu earphone. Earphone dengan bahan kabel yang mudah terkelupas akan rentan terhadap kerusakan sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka panjang.

Selain itu, earphone dengan jenis kabel yang tipis sangat rentan kusut saat digunakan. Kabel kusut menjadi salah satu penyebab suara earphone hilang sebelah atau tidak mengeluarkan suara sama sekali. Pilihlah earphone dengan kabel yang pipih sehingga aman dari masalah kabel kusut.

***
Itulah beragam hal yang harus diperhatikan sebelum membeli earphone. Mungkin Anda memiliki preferensi tersendiri dalam memilih earphone, tapi mempertimbangkan hal-hal mendasar di atas dapat membantu Anda mendapatkan earphone yang berkualitas. Bagi Anda yang sedang mencari earphone berkualitas, Jakmall.com menyediakan berbagai earphone dengan suara jernih dan memuaskan yang bisa Anda pilih.