Jangan Sampai Salah! Ini Cara Memilih Monitor yang Tepat untuk Pemula

Monitor yang tepat tidak akan membuatmu merasa menyesal setelah membelinya bertahun-tahun kemudian.

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Memilih Monitor yang Tepat untuk Pemula
Image Source: Freepik

Monitor merupakan elemen penting untuk setup PC kamu. Monitor yang salah bisa membuatmu tidak nyaman. Warna yang tidak sesuai, resolusi yang kurang pas, atau bahkan cahaya yang terlalu terang dapat merusak mata dan mengurangi value dari monitor yang kamu pilih. Sebelum hal itu terjadi, kamu bisa mempelajari poin-poin apa yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli monitor.

Ukuran Monitor

Saat ini, sudah banyak monitor dengan ukuran di atas 20 inci, bahkan lebih dari 40 inci. Besar monitor ini tentunya bisa kamu sesuaikan dengan pekerjaan dan kebiasaan saat menggunakan komputer. Jika kamu sering membuka banyak window dan aplikasi, maka ukuran monitor yang besar akan sangat membantu.

Image Source: Freepik

Pastikan juga ukuran meja atau space yang kamu miliki untuk menempatkan monitor. Jangan gunakan space yang terlalu sempit karena nantinya kamu akan kesulitan untuk memasang kabel-kabel yang berada di belakang atau samping monitor.

Resolusi Layar

Resolusi layar merupakan elemen penting yang diperlukan agar kamu dapat menikmati kualitas gambar yang lebih baik. Resolusi standar yang cukup untuk berbagai macam kebutuhan adalah 1920 x 1080 pixel. Kamu bisa bekerja, bermain game, dan menelusuri internet dengan nyaman menggunakan resolusi tersebut.

Image Source: Freepik

Namun, jika kamu bekerja di bidang desain atau menekuni dunia game, kamu bisa menargetkan monitor dengan resolusi hingga 4K. Dengan resolusi yang lebih besar, maka warna dan ketajaman gambar yang ditampilkan akan lebih memuaskan.

Selain resolusi, terdapat juga dukungan refresh rate. Refresh rate menentukan seberapa halus gerakan yang ditampilkan monitor dalam waktu 1 detik. Umumnya, monitor dengan dukungan refresh rate 60 fps sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa memilih monitor dengan kemampuan refresh rate tinggi jika kamu senang bermain game ataupun mengedit video.

Cek Port Input

Image Source: Freepik

Port input yang umumnya ada pada monitor adalah HDMI, DVI, VGA, dan display port. Idealnya, kamu harus memilih monitor dengan kesesuaian PC atau gadget lain yang kamu miliki. Meskipun kamu bisa menggunakan adaptor tambahan, cara ini tidak akan efektif jika kamu memiliki banyak gadget karena harus menyediakan banyak adaptor juga.

Sebagai catatan, port display yang memiliki kualitas gambar terbaik dan paling stabil adalah HDMI. Jadi, kamu bisa menggunakan kabel HDMI yang mendukung resolusi monitor dan kemampuan PC atau laptop dalam memproyeksikan gambar. Selain port display, beberapa monitor juga memiliki port lain seperti jack 3.5 mm, USB A, dan USB C. Kamu bisa memilih monitor sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Range Harga

Image Source: Freepik

Harga merupakan halangan utama bagi sebagian besar orang yang ingin membeli monitor. Jika kamu ingin membeli monitor, coba cari spesifikasi terbaik di range harga tertentu. Misalnya, monitor gaming terbaik harga Rp 1-2 juta. Kamu bisa menggunakan kelipatan Rp 1 juta untuk membedakan kelas-kelas monitor.

Semakin mahal monitor, maka spesifikasi dan fitur yang dimiliki pastinya lebih canggih. Pilih monitor yang pas dengan kebutuhan dan usahakan untuk tidak overkill atau menggunakan monitor yang terlalu canggih untuk kebutuhan standar. Monitor gaming dengan spek tinggi tentu akan terlihat sia-sia jika hanya dipakai untuk mengetik dan menonton YouTube saja bukan?

Fitur Monitor

Image Source: Freepik

Berikut ini adalah beberapa fitur monitor yang ada di pasaran:

  • Layar touchscreen
  • Display cekung atau curved
  • Pengaturan tinggi
  • USB Hub tanam atau built-in
  • Speaker
  • Slot Kartu SD/TF
  • VSync Hardware, dan lainnya

Semakin banyak fitur yang dimiliki, sudah pasti harganya akan semakin mahal. Oleh karena itu, pastikan lagi kebutuhan yang tepat untuk aktivitasmu sehari-hari. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan 2 buah monitor kecil dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan menggunakan 1 monitor besar yang super mahal.

Di pasaran, sudah banyak sekali monitor arm yang mampu menopang dua monitor sekaligus. Dengan menggunakan monitor arm, kamu bisa menghemat biaya dan meningkatkan produktivitas di saat yang bersamaan.

***
Kehadiran monitor sangatlah esensial untuk kebutuhan bermain dan bekerja. Monitor yang tepat tidak akan membuatmu merasa menyesal setelah membelinya bertahun-tahun kemudian. Cara memilih monitor yang tepat adalah dengan mempertimbangkan kegiatanmu sehari-hari.