Kamu Harus Tahu! Ini Manfaat Menggunakan Baterai Isi Ulang

Ke mana baterai yang sudah terpakai? Apakah aman membuang baterai tanpa mencemari lingkungan?

Kamu Harus Tahu! Ini Manfaat Menggunakan Baterai Isi Ulang
Image Source: Freepik

Baterai merupakan kebutuhan sehari-hari, baik di rumah atau di kantor. Karena sudah banyak sekali barang elektronik yang menggunakan baterai, maka tidak heran jika penggunaan baterai juga semakin sering. Hal ini tentu menciptakan masalah dan pertanyaan baru, yaitu ke mana baterai yang sudah terpakai? Apakah aman membuang baterai tanpa mencemari lingkungan?

Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, kamu bisa mencoba beralih ke baterai isi ulang. Baca lebih lanjut untuk mengetahui keuntungan menggunakan baterai isi ulang.

Hemat Lebih Banyak

Di atas kertas, harga satu paket baterai isi ulang NiMh dengan kapasitas 2200 mAh memiliki variasi harga di atas 60 ribuan Rupiah, tergantung dari kualitas dan produsen baterainya. Sementara paket baterai alkaline sekali pakai memiliki harga sekitar 25 ribuan Rupiah, dengan kapasitas baterai sekitar 2700 mAh.

Image Source: Freepik

Secara harga dan kapasitas baterai, tentu baterai sekali pakai menang telak. Kapasitas lebih besar dan harga lebih bersahabat membuatnya menjadi favorite banyak orang. Tidak heran jika baterai jenis ini sering ditemukan di warung-warung kecil. Namun jika dipikirkan lebih dalam lagi, sebenarnya kamu bisa menghemat lebih banyak biaya loh.

Masa pakai satu baterai isi ulang bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kali isi ulang. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan baterai isi ulang lebih lama dibandingkan dengan baterai sekali pakai. Biaya yang kamu keluarkan pun hanya mahal di awal saja saat membeli baterai isi ulang pertama.

Lebih Ramah Lingkungan

Bayangkan betapa banyaknya bahan kimia yang ada dalam satu buah baterai. Dengan baterai sekali pakai, kamu berkontribusi ke bertambahnya limbah kimiawi berbahaya. Hal ini tentu tidak baik untuk lingkungan ke depannya.

Image Source: Freepik

Satu buah baterai isi ulang AA dapat mengganti ratusan bahkan ribuan baterai sekali pakai dengan jenis yang sama. Menggunakan baterai isi ulang sama dengan ikut andil untuk menjaga lingkungan dari sampah kimiawi, bahkan jika kamu hanya membeli 1 buah baterai saja.

Selain dari sisi pemakaian, perhatikan juga dari sisi pembuatan. Pabrik baterai isi ulang menggunakan lebih sedikit bahan baku ketimbang baterai sekali pakai. Dengan begitu, sumber daya alam dan non-alam yang ada akan tetap terjaga untuk waktu yang lebih lama jika kamu beralih ke baterai isi ulang.

Ringan dan Nyaman Digunakan

Ada fakta menarik tentang baterai isi ulang. Jika kamu bandingkan dengan baterai biasa, baterai isi ulang memiliki bobot lebih ringan hingga 30%. Bobot yang lebih ringan ini dikarenakan sumber energi baterai memiliki komposisi lebih banyak dibanding komponen pendukungnya yang cenderung berat. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan baterai lebih lama.

Mungkin kamu bertanya-tanya, perbedaan berat 30% itu signifikan atau tidak. Untuk menjawab hal itu, kamu bisa melakukan tes kecil. Coba cari alat elektronik kecil dengan baterai AA seperti senter atau mouse wireless. Masukkan baterai sekali pakai dan isi ulang secara bergantian, lalu rasakan bedanya.

Anti Ribet

Image Source: Freepik

Ketika menggunakan baterai sekali pakai, kamu pasti repot untuk selalu ke warung atau toko dan membeli stok baterai. Belum lagi ketika stok habis tapi jam atau baterai mouse wireless kamu sudah keburu mati. Tentu merepotkan bukan?

Dengan baterai isi ulang, baterai akan selalu siap untuk digunakan. Cukup sediakan charger khusus dengan slot baterai yang sesuai (AA, AAA, 9V, dan lainnya). Saat memilih charger, pastikan charger kamu mendukung voltase yang sesuai dengan spesifikasi baterai agar daya tahan baterai lebih lama.

***
Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan baterai isi ulang. Lebih hemat, lebih tahan lama, dan lebih praktis merupakan tiga kelebihan utama baterai isi ulang. Dengan menggunakan baterai isi ulang, kamu bisa membantu menjaga lingkungan dan menghemat kantong di saat yang bersamaan.