5 Macam Gaya Renang Beserta Teknik dan Penjelasannya

Jadi olahraga favorit banyak orang, berikut macam-macam gaya renang serta teknik dan penjelasannya yang bisa kamu gunakan untuk mencegah cedera.

5 Macam Gaya Renang Beserta Teknik dan Penjelasannya
Image Source: Pexels

Merupakan salah satu aktivitas favorit banyak orang, berenang jadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di saat senggang. Selain seru karena bisa dilakukan bersama teman dan sahabat, banyaknya manfaat renang untuk kesehatan juga membuat aktivitas ini jadi pilihan olahraga terbaik.

Saat melakukan olahraga ini tentu kamu tidak ingin cedera atau terluka karena gerakan yang salah, bukan? Nah, untuk menghindari hal ini tak ada salahnya mempelajari macam-macam gaya renang sebelum pergi ke kolam renang atau waterpark di musim liburan ini.

Macam-Macam Gaya Renang Dasar untuk Pemula

Untuk kamu yang baru saja tertarik dengan olahraga akuatik ini tak perlu khawatir karena macam-macam gaya renang dasar ini tergolong mudah dan bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekali pun. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

1. Gaya Renang Bebas

Gaya Renang Bebas
Image Source: Pexels

Gaya renang bebas atau front crawl merupakan gaya yang jadi pilihan banyak perenang. Pasalnya gaya ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan teknik khusus sehingga siapa pun bisa menggunakannya, mulai dari pemula hingga atlet profesional.

Pertama kamu harus memastikan badan dalam posisi telungkup sehingga dada dan wajah menghadap ke dalam kolam renang. Setelah itu gerakkan kedua lengan ke depan secara bergantian hingga menghasilkan gerakan seperti mendayung ke depan.

Pada bagian kaki, buat gerakan menyambuk di dalam air untuk memberikan dorongan sehingga kamu bisa bergerak maju. Kombinasi gerakan mendayung dan menyambuk ini membuat kamu bisa melaju dengan cepat di dalam air. Tak heran banyak atlet yang menggunakan gaya ini dalam kompetisi besar.

Saat berenang tentu kamu membutuhkan waktu untuk bernapas, bukan? Pada gaya renang bebas, kamu dapat bernapas saat tubuh dalam kondisi miring dengan salah satu lengan bergerak ke permukaan air. Ambil napas sembari menoleh ke arah kanan atau kiri lalu kembali kayuhkan lengan sekuat tenaga agar kamu bisa segera sampai ke ujung kolam.

Tidak ada teknik atau patokan khusus dalam gaya bebas sehingga kamu bisa mulai berenang menggunakan bagian tangan dan kaki yang paling nyaman.

Jual Topi Renang Dewasa Anti Air Silicone Lentur Elastis Speeds
Aksesoris Renang Lainnya Topi Renang Dewasa Anti Air Silicone Lentur Elastis Speeds Premium Qua harga Rp 24.800 dikirim dari Surabaya, Jawa Timur. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Gaya Renang Kupu-Kupu

Gaya Renang Kupu-Kupu
Image Source: Pexels

Pasti kamu pernah mendengar tentang gaya renang ini setidaknya sekali di kelas olahraga. Seperti namanya, gaya kupu-kupu dilakukan dengan gerakan lengan yang membuat kita seolah sedang mengepakkan sayap seperti kupu-kupu.

Gaya yang juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba ini mengharuskan kamu memfokuskan tenaga pada gerakan lengan sehingga dikenal sebagai gaya tercepat kedua setelah daya bebas.

Membutuhkan teknik yang lebih kompleks, gaya ini dilakukan dengan mengepakkan atau menggerakkan kedua lengan ke arah bawah dan diayunkan ke depan secara bersamaan. Sedangkan bagian kaki menyatu dan digerakkan ke atas dan ke bawah seperti gerakan sirip ekor lumba-lumba.

Saat kedua tangan berada di bawah, bagian kepala secara otomatis akan terdorong ke permukaan air yang bisa digunakan sebagai kesempatan untuk mengambil napas.

Meski terdengar sedikit rumit, gaya kupu-kupu jadi gaya yang sangat efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Makin tertarik mempelajarinya, bukan?

3. Gaya Renang Dada

Gaya Renang Dada
Image Source: Freepik

Gaya renang dasar yang wajib diketahui selanjutnya adalah gaya dada. Gaya satu ini lebih direkomendasikan untuk pemula karena kamu punya waktu lebih lama untuk bernapas dan relatif lebih santai dari beberapa gaya di atas.

Untuk melakukan gaya ini, kamu harus memosisikan tubuh dalam posisi telungkup. Tekuk lutut ke arah bawah seperti gerakan jongkok, kemudian tendang keluar. Saat dilakukan berulang kali, gerakan ini terlihat seperti gerakan katak saat berenang. Inilah yang membuat gaya ini juga dikenal sebagai gaya katak.

Pada awal gaya dada, kedua tangan diletakkan lurus ke depan. Kemudian setelah tubuh mulai melaju, kedua tangan dibuka ke samping seperti sedang membelah air setiap kaki melakukan tendangan.

Kamu bisa bernapas saat kepala berada di permukaan air setelah melakukan 2-3 kali gerakan kaki dan tangan.

Jual Beitoys Pelampung Renang Anak Floating Swimming Vest - HW160
Pelindung Tubuh & Decker Beitoys Pelampung Renang Anak Floating Swimming Vest - HW160 harga Rp 48.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung
Image Source: Freepik

Jika kamu ingin berenang dengan gaya yang lebih menantang, gaya renang punggung bisa jadi pilihan. Berbeda dari beberapa gaya di atas, saat melakukan gaya ini kamu akan berbaring terlentang di permukaan air.

Gaya renang ini membuat kamu bisa lebih mudah bernapas karena bagian hidung dan mulut berada di atas air. Namun, bagian kepala yang menghadap ke atas membuat pandangan saat berenang menjadi sangat terbatas sehingga biasanya gerakan ini dilakukan setelah perenang mengenal betul bentuk dan panjang kolam renang yang digunakan.

Pada dasarnya gaya punggung memiliki gerakan yang sama dengan gaya bebas, di mana kamu harus mengayunkan kedua lengan secara bergantian sembari menggerakkan kaki seperti menyambuk..

Dilakukan dengan posisi berbaring, gaya ini sangat bagus untuk menjaga postur tubuh dan memperkuat otot punggung yang membuat banyak dokter merekomendasikannya pada orang yang memiliki masalah dengan punggung.

5. Gaya Renang Trudgen

Gaya Renang Trudgen
Image Source: Freepik

Meski tidak termasuk dalam teknik dasar, gaya ini bisa kamu coba sebagai variasi gerakan yang seru. Gaya renang trudgen merupakan pengembangan dari gaya bebas dan menggabungkannya dengan gaya katak.

Saat melakukan gaya ini, mulailah dengan berenang menyamping kemudian ayunkan tangan hingga melewati air seperti pada gaya bebas. Pada bagian kaki, kamu bisa melakukan tendangan keluar seperti gaya katak.

Perpaduan kedua gaya ini tentunya membuat kamu membutuhkan konsentrasi lebih sehingga sangat seru jika digunakan sebagai challenge saat berenang bersama teman atau sahabat.

Jual Kaki Katak Swimming Fin Diving Size 40-44 - TB-680
Aksesoris Renang Lainnya Kaki Katak Swimming Fin Diving Size 40-44 - TB-680 harga Rp 35.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Macam-macam gaya renang tidak hanya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, tapi juga sebagai cara untuk bersenang-senang di kolam renang saat senggang. Semoga artikel ini bisa membantu kamu bisa menikmati olahraga akuatik ini dengan lebih maksimal, ya Jakmallers!

Agar keselamatan kamu tetap terjaga, jangan lupa gunakan perlengkapan renang, seperti kacamata renang, pelampung, dan celana renang kualitas terbaik dari Jakmall.com. Tentunya semua barang ini bisa kamu dapat dengan harga yang lebih murah dan langsung dari pusatnya.