Obat Flu Alami yang Manjur Redakan Batuk dan Pilek

Daftar obat flu alami yang bisa digunakan untuk meredakan flu, batuk, pilek, serta mudah ditemukan di dapur rumah

Obat Flu Alami yang Manjur Redakan Batuk dan Pilek
Image source: Freepik/diana.grytsku

Perubahan cuaca biasanya diikuti dengan munculnya penyakit musiman bernama flu, batuk, dan pilek. Penyakit yang disebabkan karena infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, proses pemulihan cepat tentu lebih baik bagi penderitanya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan flu, batuk, pilek adalah dengan menggunakan obat alami.

Daftar Obat Flu Alami

Untuk kamu yang tidak bisa mengonsumsi obat-obat dokter namun ingin cepat sembuh, menggunakan obat alami merupakan solusi tepat untuk meringankan gejala seperti bersin, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, demam, hingga sakit kepala.

Obat-obat alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di dapur rumah ini mudah dibuat dan tentunya bisa kamu racik sesuai dengan selera. Berikut beberapa pilihan obat flu alami yang bisa kamu coba.

1. Jahe

Jahe
Image source: Freepik/jcomp

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan gejala pilek dan batuk dengan meredakan otot saluran pernapasan. Kamu bisa mengolah jahe menjadi teh dengan merendam beberapa irisan atau parutan jahe segar dalam air panas. Tambahkan juga perasan lemon atau madu agar jahe terasa lebih menyegarkan.

2. Lemon

Lemon
Image source: Unsplash/eggbank

Kaya akan vitamin C, lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala flu. Konsumsi campuran perasan jus lemon dengan madu dan juga air hangat secara rutin bisa meredakan batuk dan pilekmu lebih cepat.

Selain lemon, kamu juga bisa mengonsumsi asupan vitamin C lainnya dari jeruk, brokoli, kentang, hingga paprika.

3. Madu

Madu
Image source: Unsplash/Arwin Neil Baichoo

Sama seperti jahe yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, madu seringkali dijadikan rekomendasi obat alami untuk meredakan flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh herbal pada pagi dan malam hari. Selain meredakan pilek, segelas air madu juga bisa mencegah dehidrasi lho.

4. Bawang Putih

Bawang Putih
Image source: Freepik/jcomp

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antiviral yang membantu melawan infeksi saluran pernapasan. Bahkan dalam studi jurnal Clinical Nutrition, vitamin C dan senyawa allicin dalam bawang putih bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kuman penyakit.

Agar bawang putih manjur mengobati flumu, konsumsilah dalam kondisi mentah. Namun, jika kamu tidak bisa memakannya secara langsung, mencampur bawang putih ke dalam masakan misalnya sup ayam juga bisa menjadi pilihan pas untuk meredakan pilek.

5. Garam

Garam
Image source: Freepik/Racool_studio

Daftar obat flu alami berikutnya yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah adalah garam. Bumbu dapur berwarna putih ini dinilai dapat membersihkan saluran pernapasan dan meredakan iritasi pada tenggorokan.

Kamu bisa meredakan gejala bapil alias batuk pilek dengan gargling atau berkumur menggunakan air garam. Gargling dengan larutan garam hangat selama beberapa detik dapat membantu membersihkan lendir, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

6. Peppermint

Peppermint
Image source: Unsplash/Bonnie Kittle

Salah satu tanaman yang daunnya bisa digunakan untuk obat radang, mulut, tenggorokan, hingga infeksi pernapasan adalah peppermint. Terdapat dua cara memanfaatkan peppermint untuk meredakan sakit yang kamu rasakan, yaitu dengan meminum atau menghirup uapnya.

Jika ingin meminumnya, maka konsumsi lah teh peppermint secara rutin. Namun, jika ingin menghirup uapnya, kamu bisa menuangkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam mangkuk air panas.

7. Kunyit

Kunyit
Image source: Freepik/freepik

Dikenal sebagai bahan dapur yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Adanya kandungan senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan pada kunyit, dikenal mampu meredakan peradangan dalam tubuh selama infeksi flu.

Kunyit juga dikenal dapat membantu melonggarkan lendir dan pembengkakan pada saluran pernapasan, meringankan gejala pilek dan flu seperti hidung tersumbat serta batuk.

8. Air Mineral

Air Mineral
Image source: Freepik/freepik

Banyak minum air putih terutama air dengan suhu hangat adalah obat alami flu yang paling manjur dan sering dianjurkan oleh dokter. Saat kamu terserang flu cobalah untuk minum segelas air putih hangat setiap malam sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun.

Air putih hangat dapat mengencerkan lendir yang menyumbat hidung, mencegah dehidrasi, dan meredakan peradangan di hidung serta tenggorokan.

9. Makanan Mengandung Probiotik

Makanan Mengandung Probiotik
Image source: Unsplash/Sara Cervera

Saat kamu sedang flu, konsumsi makanan yang mengandung probiotik adalah langkah tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengapa? Karena probiotik dinilai dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena infeksi saluran pernapasan atas, salah satunya pilek.

Beberapa makanan yang mengandung probiotik dan bisa kamu konsumsi saat sakit adalah yogurt, kefir, tempe, kimchi, dan miso.

10. Humidifier

Humidifier
Image source: Freepik/pvproductionsIamImagIi

Selain daftar bahan-bahan alami di atas, satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala flu adalah dengan memasang humidifier di rumah. Humidifier dapat menjaga kelembapan ruangan dan mengurangi debu di udara, sehingga udara di sekitar ruangan akan terasa lebih bersih dan menyegarkan.

Pastikan kamu mengganti air pada humidifier secara teratur ya, untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan juga jamur.

Gejala flu umumnya akan membaik dengan sendirinya, dan penggunaan obat alami dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun, jika gejala yang kamu alami parah atau bertahan lebih dari beberapa hari, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Untuk kamu yang mencari dan ingin memasang humidifier di rumah, bisa cek langsung di Jakmall.com. Di sini kamu akan menemukan beragam bentuk, mode, dan fitur humidifier dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa menemukan botol termos untuk membawa air hangat ke mana dan kapan saja tanpa repot.

Yuk, jaga kesehatan agar aktivitas tetap lancar jaya. Salam sehat~