8 Rekomendasi Hadiah Tahun Baru, Dijamin Berkesan!

Jakmall akan memberikan beberapa rekomendasi hadiah terbaik untuk orang tersayang yang dijamin anti bingung!

8 Rekomendasi Hadiah Tahun Baru, Dijamin Berkesan!
Image Source: Freepik/senivopetro

Tahun baru memang jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Dimana detik-detik pergantian tahun yang diisi dengan berbagai kegiatan sesuai dengan tradisi dan kebiasaan keluarga atau orang tersayang seperti mengadakan makan bersama, menonton hitungan mundur di televisi, duduk mengitari api unggun, atau saling memberikan hadiah.

Akhir tahun memang menjadi saat yang tepat untuk menyemarakkan dan memberikan hadiah kepada orang-orang yang dekat, sebagai langkah untuk menunjukkan apresiasi dan harapan terbaik pada mereka.

Pada artikel ini, Jakmall akan memberikan beberapa rekomendasi hadiah terbaik yang dapat membantu kamu memilih hadiah yang sempurna!

Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu alasan di balik kenapa kita memberikan hadiah dan kenapa sih kita suka bingung memilih hadiah untuk orang terdekat.

Kenapa Kita Memberikan Hadiah?

Kenapa Kita Memberikan Hadiah?
Image Source: Freepik/lookstudio

Tradisi memberikan hadiah sebenarnya sudah ada dalam berbagai budaya dan masyarakat sejak dulu. Terdapat beberapa alasan yang menjelaskan mengapa tradisi ini terus ada dan berkembang hingga sekarang:

1. Ekspresi Kasih Sayang dan Perhatian

Memberikan hadiah adalah cara untuk mengekspresikan kasih sayang, perhatian, dan apresiasi kita terhadap orang lain. Hadiah dapat menjadi cara untuk menyampaikan pesan atau emosi tertentu, seperti rasa syukur, maaf, atau kebahagiaan. Ini menjadi sarana untuk menunjukkan bahwa kita peduli dan memikirkan mereka.

Tradisi ini pada akhirnya juga dapat memperkuat hubungan sosial antara individu atau kelompok. Selain itu, langkah ini juga digunakan untuk membangun keharmonisan sosial dan memperkuat ikatan.

2. Merayakan Momen Khusus dan Tradisi

Banyak tradisi memberikan hadiah terkait dengan momen-momen khusus seperti ulang tahun, pernikahan, hari raya, tahun baru, atau perayaan lainnya. Hadiah menjadi bagian dari ritual dan perayaan yang memperingati peristiwa penting dalam kehidupan.

Kebiasaan ini juga mencerminkan nilai-nilai budaya suatu kelompok atau keluarga. Cara orang memberikan hadiah dan jenis hadiah yang diberikan juga bisa mencerminkan nilai-nilai yang dihargai. Jadi, jangan heran kalau keluarga A memiliki kebiasaan yang berbeda dengan keluarga B atau lainnya.

Jual YIJUN Lampu Meja Hias LED Mid Century Mushroom 4 LED 12W 3
Lampu Hias LED YIJUN Lampu Meja Hias LED Mid Century Mushroom 4 LED 12W 3 in 1 Color - TL102 harga Rp 215.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Menghormati atau Mengapresiasi Prestasi

Hadiah juga dapat diberikan sebagai bentuk penghargaan atau pengakuan terhadap prestasi seseorang. Ini bisa berupa hadiah sebagai penghargaan atas pencapaian dalam karier, pendidikan, atau prestasi lainnya.

4. Ekonomi dan Perdagangan

Dalam beberapa tradisi kuno, memberikan hadiah juga dapat berhubungan dengan sistem ekonomi atau perdagangan antarbangsa sebagai cara untuk membangun hubungan baik dengan kelompok lain.

Pada momen pergantian tahun ini, biasanya juga terdapat kebiasaan untuk saling mengirimkan hampers pada rekan kerja atau partner bisnis.

Kenapa Kita Bingung Memberikan Hadiah?

Kenapa Kita Bingung Memberikan Hadiah?
Image Source: Freepik/lookstudio

Ketika kamu berpikir tentang memberikan hadiah, otak tentunya terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan memproses emosi, berbagai hal akan kamu pertimbangkan dan di sini lah rasa kebingungan akan menjalar.

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi alasan kenapa rasanya kamu selalu bingung memberikan hadiah apa pada orang terdekat.

1. Kurangnya Informasi atau Pengetahuan tentang Penerima

Keterbatasan informasi tentang minat, kebutuhan, atau preferensi penerima hadiah bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Tanpa pengetahuan yang cukup, sulit bagi kamu untuk memilih hadiah yang tepat.

Ditambah lagi, setiap orang pastinya memiliki preferensi, minat, dan nilai yang berbeda. Jadi, kamu enggak bisa memberikan hadiah yang sama pada setiap orang, sehingga kamu dituntut untuk memahami dan menyesuaikan hadiah dengan karakteristik unik setiap orang bisa menjadi tantangan tersendiri.

Ada juga rasa cemas bahwa hadiah yang kita berikan tidak akan disukai oleh penerima. Hal ini bisa menciptakan ketidakpastian dalam proses memilih hadiah. Tekanan sosial juga berperan karena kita harus memberikan hadiah yang dianggap pantas atau sesuai dengan ekspektasi tertentu.

Jual REUP Air Humidifier Diffuser Volcano Flame Essential Oil
Air Humidifier REUP Air Humidifier Diffuser Volcano Flame Essential Oil 12W 300ML - J-V19 harga Rp 149.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Terlalu Banyaknya Pilihan

Saat ini tentunya kita semua telah dimudahkan dengan berbagai pilihan yang tersedia lewat berbagai aplikasi dan website untuk memesan sesuatu, dan mungkin kamu berpikir dengan banyaknya pilihan tersebut, seharusnya keputusan untuk memilih jadi lebih mudah, bukan?

Eittts, tapi tunggu, justru dengan banyaknya pilihan tersebutlah yang membuat keputusan menjadi sulit. Ketika dihadapkan pada berbagai opsi hadiah yang beragam, kamu dapat merasa bingung dan stres karena ingin memilih yang paling terbaik, dan pada akhirnya kamu malah membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga menunda-menunda.

3. Kebutuhan Akan Validasi

Terakhir adalah kebutuhan akan validasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia memang membutuhkan validasi. Hal ini karena manusia adalah makhluk sosial yang ingin diterima dan diakui, kemudian validasi dari orang lain dapat memberikan rasa terhubung dan diterima dalam lingkungan sosial.

Jual JSJM Kacamata Olahraga Taktis Airsoft Ski Goggles with 3
Kacamata Olahraga JSJM Kacamata Olahraga Taktis Airsoft Ski Goggles with 3 Lens - JK11 harga Rp 54.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Ketika memberikan hadiah, terkadang kamu ingin memberikan sesuatu yang dianggap berharga oleh penerima dan memberikan konfirmasi bahwa kita memperhatikan mereka. Ini sebenarnya bisa menjadi beban psikologis yang membuat ragu karena ingin memilih yang terbaik.

Rekomendasi Hadiah Terbaik untuk Tahun Baru

Memberikan hadiah barang kepada orang tersayang memang menjadi langkah atau kebiasaan yang dapat dibangun untuk merayakan tahun baru dan mengekspresikan kasih sayang serta perhatian.

Berikut beberapa rekomendasi hadiah yang bisa menjadi ide dan meringankan beban untuk memikirkan hadiah terbaik!

1. Elektronik dan Teknologi

Elektronik dan Teknologi
Image Source: Freepik/Freepik
  • Smartwatch atau Fitness Tracker: Memberikan perangkat ini tidak hanya berguna tetapi juga dapat membantu mereka untuk tetap aktif dan sehat.
  • Bluetooth Earphone atau Headphone: Perangkat ini cocok untuk mereka yang suka mendengarkan musik, podcast, dan untuk tetap aktif dalam berbagai kegiatan.
  • Gadget Dapur Canggih: Jika mereka adalah penggemar masak, alat-alat seperti multicooker, blender pintar, atau peralatan lainnya bisa jadi pilihan yang baik.
  • Koleksi Kamera atau Aksesoris Fotografi: Bagi penggemar fotografi, kamera baru atau aksesoris fotografi dapat menjadi hadiah yang sangat berharga.

2. Mode dan Aksesori

Mode dan Aksesori
Image Source: Freepik/Freepik
  • Tas atau Dompet: Pilih tas atau dompet yang berkualitas, elegan, dan praktis agar dapat dipakai sehari-hari.
  • Jam Tangan: Hadiah yang klasik dan berguna bagi mereka yang menghargai aksesori mode yang klasik.

3. Perawatan Diri dan Kecantikan

Perawatan Diri dan Kecantikan
Image Source: Freepik/Freepik

Memberikan hadiah telah menjadi bagian penting dari interaksi sosial dan perayaan di berbagai budaya di seluruh dunia untuk memperkuat hubungan. Setiap hadiah yang diberikan dengan cinta dan ketulusan pastinya akan dihargai. Jadi, kamu enggak perlu ragu untuk memilih hadiah terbaik untuk orang tersayang.

Jakmall menyediakan berbagai pilihan elektronik, kebutuhan rumah tangga, elektronik, dan lainnya dengan promo dan harga terbaik, khusus untuk kamu!