Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Sholat gerhana adalah sholat sunnah yang bisa dilakukan saat terjadi gerhana. Simak niat dan tata cara sholat gerhana selengkapnya di sini!

Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan
Image Source: Pexels/Drew Rae

Gerhana matahari dan bulan adalah fenomena alam yang menandakan kebesaran Allah SWT. Termasuk dalam fenomena yang jarang terjadi, kamu dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah yakni sholat gerhana.

Sholat gerhana yang juga dikenal sebagai sholat kusuf atau khusuf adalah sholat sunnah yang dilakukan saat terjadi gerhana matahari atau bulan. Kusuf sendiri merupakan kata dari bahasa Arab yang berarti berubah menjadi hitam, sedangkan Khusuf berarti berkurang.

Nah, agar kamu bisa melaksanakan sholat sunnah ini dengan benar dan khusyuk, kamu bisa niat dan tata cara sholat gerhana matahari dan bulan berikut. 

Kapan Waktu Sholat Gerhana?

Menurut informasi dari laman Muhammadiyah, sholat gerhana dilakukan saat terjadi gerhana matahari atau bulan sebagian hingga penuh. Kamu bisa melakukan sholat sunnah ini selama gerhana berlangsung, mulai dari awal hingga akhir.

Sholat gerhana sunnah dilakukan oleh umat muslim yang berada pada wilayah yang dilintasi oleh gerhana. Maka kamu tidak sunnah melakukan sholat ini jika tempat tinggalmu tidak terjadi atau terdampak gehana bulan dan matahari.

Niat Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Niat Sholat Gerhana Matahari dan Bulan
Image Source: Freepik/Rawpixel.com

Niat solat gerhana dibedakan tergantung pada jenis gerhana yang terjadi. Berikut bacaan dan arti niat sholat gerhana matahari dan bulan yang bisa kamu lafadzkan.

Niat Sholat Gerhana Matahari

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatal kusûfil shamsi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillâhita'âlâ

Artinya:

Saya niat sholat sunnah gerhana matahari dua rakaat menghadap kiblat karena Allah.

Niat Sholat Gerhana Bulan

أُصَلَّى السُنَّةَ لِحُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallâ sunnatal khusûfil qamari rak'ataini mustaqbilal qiblati lillâhita'âlâ

Artinya:

Saya niat sholat sunnah gerhana bulan dua rakaat menghadap kiblat karena Allah.

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Tata cara pelaksanaan sholat gerhana berbeda dengan sholat sunnah lainnya kerana sholat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan 2 kali ruku’ dan sujud. Adapun tata cara sholat gerhana matahari dan bulan menurut laman Kementerian Agama Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Membaca niat di dalam hati saat takbiratul ihram
  2. Takbiratul ihram seperti sholat biasa
  3. Membaca ta’awudz dan doa iftitah
  4. Membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang tanpa mengeraskan suara
  5. Ruku’ dan membaca dzikir panjang
  6. Bangkit dari ruku’ dan membaca doa i’tidal kemudian membaca surat Al-Fatihah dan surat panjang.
  7. Ruku’ kembali dan membaca dzikir yang lebih pendek dari ruku’ pertama
  8. Bangkit dari ruku’ dan membaca doa i’tidal
  9. Sujud dan membaca tasbih yang panjangnya sama dengan ruku’ pertama
  10. Duduk diantara dua sujud dan membaca doa seperti sholat biasa
  11. Sujud kembali dan membaca tasbih yang panjangnya sama dengan ruku’ kedua
  12. Bangkit dari sujud dan mengerjakan rakaat kedua dengan tata cara yang sama dengan rakaat pertama, tapi dengan bacaan dan gerakan yang lebih singkat.
  13. Tasyahud akhir
  14. Salam.

Doa Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Doa Sholat Gerhana Matahari dan Bulan
Image Source: Freepik/Freepik

Setelah selesai melaksanakan sholat sunnah, kamu bisa membaca beberapa doa sholat gerhana matahari dan bulan ini untuk meminta ampunan dan keberkahan dari fenomena alam langka ini.

Doa Sholat Gerhana untuk Memuji Allah SWT

الحمد لله حمداً دائمًا طاهراً طيباً مباركاً فيه.. ملء السماوات وملء الأرض.. وملء ما بينهما.. وملء ما شئت من شيء بعد.. أحق ما قال العبد.. وكُلُنا لَكَ عبد

Alhamdulillah hamdan daaiman toohiron thoyyiban mubarokan fiih. Mil’ussamawati wa mil’ul ardhi wa mil’u maa baina huma, wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du. Ahaqqo maa qoolal abdu, wa kunna laka abdun.

Artinya:

Segala puji bagi Allah, pujian murni, baik dan diberkati-Nya. Yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi apa yang ada di antara mereka dan mengisi apa pun yang Anda inginkan. (Dia) yang paling berhak memanggil hamba dan kami semua adalah hamba.  

Doa Sholat Gerhana untuk Mengagungkan Kebesaran Allah SWT

Wama ya'zubu 'arrabbika min mitzqoli dzarratin fil ardli wala fis-samaa-i wala ashghara min dzalika wa man akbara illa fi kitaabim mubin.

Artinya:

Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Doa Sholat Gerhana untuk Memohon Keteguhan Iman

Allaahu akbar, allaahumma ahillahu ‘alaina bil amni (lain riwayat bil yumni), wal imani, was salami, wal islami, wat taufiqi li maa tuhibbu wa tardha. Rabbi (lain riwayat rabbana) wa rabbukallahu.

Artinya:

Allah Tuhan Yang Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan yang membawa keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Engkau suka dan restui. Ya Tuhanku (riwayat lain: Ya Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. Ad-Darimi dan Ibnu Hibban)

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami. Hilalu khairin wa rusydin.

Artinya:

Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk,” (dapat dilihat pada Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa Sholat Gerhana untuk Memohon Kebaikan dan Petunjuk

 اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil amni wal imaani was salaamati wal islami. Hilalu khairin wa rusydin.

Artinya:

Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk.”

Meski termasuk ibadah yang sunnah, ada baiknya kamu melaksanakan sholat gerhana karena fenomena alam ini sangat jarang terjadi. Semoga niat dan tata cara sholat gerhana matahari dan bulan ini bisa membantu kamu melaksanakan ibadah ini dengan khusyuk, ya!