15 Tempat Liburan di Jakarta Terpopuler 2023

Rekomendasi tempat liburan di Jakarta ini bisa bikin liburan akhir tahun kamu semakin seru dan berkesan. Penasaran apa saja? Simak daftarnya di sini!

15 Tempat Liburan di Jakarta Terpopuler 2023
Image source: Unsplash/Eko Hewantoro

Musim liburan telah tiba! Setelah bekerja keras selama satu tahun, sekarang saatnya kamu menikmati waktu santai dengan berlibur. Ramainya tempat wisata di luar kota mungkin membuat banyak orang memilih menghabiskan waktunya di Jakarta.

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang menghabiskan liburan akhir tahun di ibu kota, tak perlu khawatir. Jakmall punya beberapa rekomendasi tempat liburan di Jakarta yang bisa bikin penghujung tahun kamu makin berkesan.

Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta Terpopuler

Siapa bilang Jakarta nggak punya tempat seru untuk liburan? Beberapa rekomendasi tempat liburan di Jakarta terpopuler yang tak kalah serunya dari objek wisata lainnya. Without further ado, let’s check this out!

1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi
Image Source: Ancol

Dunia Fantasi atau Dufan jadi tempat liburan di Jakarta yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Taman bermain ini dipenuhi aneka wahana seru yang tak boleh kamu lewatkan.

Kamu bisa menemukan wahana keluarga seperti Istana Boneka dan bianglala hingga wahana ekstrem seperti Kereta Misteri, Hysteria, dan Halilintar yang pastinya wajib dicoba. Jika tertarik mencoba serunya taman bermain ini, kamu dianjurkan untuk datang pada hari biasa atau weekday untuk menghindari antrean..

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
Jam Buka: 10.00–17.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 265.000 - Rp 600.000

2. Sea World

Masih terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Sea World menawarkan indahnya pemandangan bawah laut. Di tempat wisata ini kamu bisa masuk ke dalam aquarium raksasa untuk melihat indahnya aneka biota laut.

Sea World juga menawarkan aneka aktivitas seru seperti berinteraksi hingga memberi makan hewan laut. Banyaknya jenis hewan laut yang ada membuat tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan si kecil.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
Jam Buka: 09.30–16.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 110.000 - Rp 130.000

3. Monumen Nasional

Monumen Nasional
Image Source: Unsplash/Affan Fadhlan

Jika berbicara tentang tempat liburan di Jakarta, tentu kita tak boleh melupakan Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas. Tempat yang jadi salah satu ikon ibu kota ini bisa jadi pilihan jika kamu ingin menghabiskan liburan dengan mengulik sejarah.

Di dalam monumen setinggi 132 meter ini kamu bisa menyaksikan diorama tentang sejarah perjuangan Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melihat landscape Kota Jakarta dari ketinggian dengan naik ke puncak Monas.

Lokasi: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Jam Buka: 08.00–22.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp2.000 - Rp15.000

4. Taman Mini Indonesia Indah

Ingin menghabiskan akhir tahun dengan wisata edukasi? Jika iya, Taman Indonesia Indah atau TMII bisa jadi pilihan tempat liburan di Jakarta yang tepat. Tempat wisata ini berisi miniatur budaya dari 33 provinsi di Indonesia. Di sini si kecil bisa banyak belajar tentang budaya Indonesia yang kaya.

Selain miniatur, kamu juga bisa mencoba aneka wahana seru lainnya, mulai dari kereta gantung, Istana Anak Indonesia, Teater 4D, dan yang paling ikonik Teater IMAX Keong Mas.

Lokasi: Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: 06.00–22.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000/orang

5. Kota Tua

Kota Tua
Image Source: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Berkunjung ke area yang kental dengan bangunan era kolonial memang tak pernah gagal membuat kita terkagum, contohnya seperti saat berkunjung ke Kota Tua. Memiliki banyak bangunan peninggalan Belanda, wilayah ini membuat kita seakan berada di Negara Kincir Angin.

Kamu bisa menyewa sepeda ontel untuk menyusuri jalanan dan menikmati pemandangan gedung-gedung vintage yang tak kalah cantiknya. Di area ini juga banyak pilihan museum yang bisa dikunjungi.

Lokasi: Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta
Jam Buka: 09.00 - 15.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Gratis

6. Museum Macan

Jika kamu suka dengan aneka seni kontemporer, Museum Macan bisa jadi pilihan tempat liburan di Jakarta untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun. Memiliki kepanjangan Modern and Contemporary Art in Nusantara, museum ini menampilkan karya-karya indah dari seniman lokal hingga mancanegara.

Di sini kamu bisa melihat aneka bentuk seni yang unik dan menarik. Kamu juga bisa berinteraksi dengan beberapa instalasi seni interaktif yang ditampilkan.

Lokasi: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
Jam Buka: 10.00 - 18.00 WIB (Selasa - Rabu)
Harga Tiket Masuk: Rp 56.000 - Rp 90.000

7. Skyrink Mall Taman Anggrek

Skyrink Mall Taman Anggrek
Image Source: Travels Promo

Masih berada di kawasan Jakarta Barat, Skyrink Mall Taman Anggrek bisa jadi pilihan jika kamu ingin menghabiskan akhir tahun dengan teman atau keluarga. Terletak pada lantai 3 Mall Taman Anggrek, wahana ini bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Punya luas hingga 1.248 meter persegi, kamu bisa puas melaju di atas lapisan es tanpa khawatir menyenggol atau menabrak orang lain. Sebelum mengunjungi wahana ini, pastikan kamu sudah membawa kaos kaki dan sarung tangan agar bisa bergerak dengan bebas, ya!

Lokasi: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: 11.30 - 21.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 85.000 (Senin–Jumat) dan Rp 110.000 (weekend)

8. Petak Sembilan

Petak sembilan jadi tempat liburan di Jakarta yang tak boleh dilewatkan bagi pecinta wisata kuliner. Di sini kamu bisa menemukan aneka hidangan legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Beberapa makanan dan minuman yang wajib dicoba saat berkunjung ke Petak Sembilan, diantaranya Ketupat Gloria 65 Cap Go Meh, Es Kopi Tak Kie, dan Rujak Shanghai Encim.

Lokasi: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
Jam Buka: 06.00 - 15.30 WIB
Harga Tiket Masuk: Gratis

9. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Image Source: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Ingin istirahat sejenak dari ramainya Kota Jakarta? Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali karena kamu bisa langsung menyebrang ke kepulauan seribu. Terdiri ratu ratusan pulau yang masih asri, kamu bisa menikmati waktu dengan bersantai di pinggir pantai, snorkeling, hingga diving.

Beberapa pulau yang banyak dikunjungi diantaranya Pulau Macan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi. Resort yang ada di pulau-pulau ini juga menyediakan aneka paket aktivitas yang bisa disesuaikan dengan budget liburan kamu.

Lokasi: Sebelah Utara Jakarta
Jam Buka: 06.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp28.000

10. Planetarium

Jika kamu tertarik dengan luar angkasa dan alam semesta, planetarium bisa jadi tempat yang tepat untuk mengisi liburan akhir tahun. Di sini kamu bisa melihat replika planet, bintang, dan benda langit yang indah lainnya.

Sebelum mengunjungi planetarium, pastikan kamu berangkat di pagi hari karena tempat ini hanya buka selama 4 jam saja.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00 - 13.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 7.000 - Rp12.000/orang

11. Playtopia Adventure

Playtopia Adventure
Image Source: KONTAN

Ingin merasakan serunya bermain di playground seperti anak-anak? Sekarang kamu bisa bermain seluncuran, mandi bola, hingga flying fox khusus untuk orang dewasa di Playtopia Adventure. Hadir sebagai playground khusus untuk dewasa, tempat liburan di Jakarta ini menawarkan aneka mainan yang tak kalah serunya.

Semakin unik karena Playtopia berada di lantai 1 mall Senayan Park yang membuat kamu bisa bermain dengan nyaman.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB (Senin–Kamis) dan 10.00 - 22.00 WIB (Jumat-Minggu)
Harga Tiket Masuk: Rp 120.000/2 jam (Senin–Kamis) dan Rp150.000/2 jam (Jumat-Minggu)

12. Cibubur Garden Dairy

Mengakhiri tahun dengan segelas susu hangat bisa tidak lagi mustahil jika kamu pergi ke Cibubur Garden Diary. Disini kamu dan keluarga bisa mencoba aneka aktivitas di peternakan sapi, mulai dari memberi makan sapi, memerah susu, hingga mengolah susu.

Lokasi: Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Komplek Peternakan DKI RT01 RW02, Pondok Ranggon, Cipayung, RT.1/RW.2, Pd. Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 70.000 - Rp 100.000/orang

13. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure
Image Ancol

Sebelum musim hujan semakin parah, kamu bisa menghabiskan libur akhir tahun dengan berenang di Atlantis Water Adventure. Di sini kamu tidak hanya bisa berenang, tapi juga mencoba 8 jenis kolam renang dengan aneka permainan yang sayang untuk dilewatkan.

Uji keberanian dengan menaiki beberapa seluncuran super tinggi dengan ban renang yang tak kalah serunya.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
Jam Buka: 09.00 - 15.30 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00–17.30 WIB (Sabtu-Minggu)
Harga Tiket Masuk: Rp 90.000 - Rp 120.000

14. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan bisa jadi pilihan tempat liburan di Jakarta bersama keluarga. Termasuk salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, tempat ini punya koleksi lebih dari 200 jenis hewan, mulai dari mamalia, ikan,reptil, hingga aves atau burung.

Di sini si kecil bisa belajar dan berinteraksi dengan aneka jenis binatang yang bisa meningkatkan pengetahuannya.

Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
Jam Buka: 07.00–14.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000 - Rp 4.000/orang

15.Taman Menteng

Taman Menteng
Image Source: Jakarta Tourism

Jika kamu ingin menghabiskan libur tahun dengan bersantai di taman, Taman Menteng bisa jadi pilihan. Jadi salah satu tujuan banyak orang untuk berkumpul di akhir pekan, taman ini dilengkapi aneka fasilitas, mulai dari jogging track, lapangan basket, area bermain, kolam ikan, dan banyak lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat banyak komunitas seru memamerkan kebolehannya.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Jam Buka: 05.00–22.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Gratis

Itu dia beberapa rekomendasi tempat liburan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi pada akhir tahun ini. Semoga bisa membuat waktu liburan di Jakarta Kamu semakin seru dan menyenangkan.

Selamat berlibur!