Hikmah dan Manfaat Berpuasa selama di Bulan Ramadhan

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan berbagai hal baik secara berkelanjutan.

Hikmah dan Manfaat Berpuasa selama di Bulan Ramadhan
Image Source: Freepik

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Secara harfiah, puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan, minum, dan menahan hawa nafsu dari waktu subuh hingga adzan magrib berkumandang. Namun di balik itu semua, berpuasa memiliki beberapa hikmah dan manfaat yang bisa dirasakan oleh seluruh umat Islam yang menjalankannya. Berikut hikmah dan manfaat berpuasa selama di bulan ramadhan.

Melatih Disiplin dan Kesabaran

Puasa di bulan Ramadhan dapat membantu meningkatkan disiplin dan kesabaran seseorang. Saat berpuasa, seseorang diharuskan menahan diri dari makan, minum, dan nafsu selama seharian penuh.

Dengan menjalankan puasa sesuai dengan ketentuan tersebut, maka secara tidak langsung dapat mengasah kedislipinan dan kesabaran dalam menjalankan beragam aktivitas sehari-hari.

Momen Memperbaiki Diri

Bulan ramadhan bisa dijadikan sebagai momen untuk memperbaiki diri. Berpuasa mengajarkan kita untuk bersikap sabar dan menjauhi sifat emosi. Dengan menahan emosi selama bulan puasa, maka diharapkan sikap tersebut akan terus berlanjut bahkan setelah bulan ramadhan berakhir.

Berpuasa juga mengajarkan kita akan kesetaraaan. Baik yang kaya ataupun miskin, baik yang memiliki jabatan tinggi ataupun tidak, semua memiliki kewajiban yang sama untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Meningkatkan Solidaritas Sosial

Puasa di bulan Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan solidaritas sosial. Berpuasa akan mengingatkan kita akan betapa banyak orang di sekitar kita yang masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, baik untuk menghilangkan rasa lapar ataupun haus.

Rasa haus dan lapar selama berpuasa akan membuat kita lebih peka melihat kondisi orang lain yang kurang beruntung. Dengan begitu, puasa secara tidak langsung mengajarkan kita untuk lebih ringan tangan kepada sesama dan tidak kikir. Mulailah dengan hal yang kecil berupa memberikan hidangan berbuka puasa seperti gorengan ataupun lontong disertai dengan sebuah air minum.

Menjaga Kesehatan

Berpuasa di bulan Ramadhan juga dapat membantu menjaga kesehatan. Saat berpuasa, tubuh seseorang akan terbebas dari makanan dan minuman yang berlebihan, sehingga dapat membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan. Puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Itulah beberapa hikmah berpuasa di bulan Ramadhan. Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan, kepedulian, dan solidaritas sosial. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan bulan Ramadhan sebagai kesempatan untuk beribadah.