5 Manfaat Grooming Kucing untuk Anabul Kesayangan

Beberapa manfaat grooming kucing ini bakal bikin kamu tak mau absen membawa mereka ke vet andalan setiap bulan! Simak selengkapnya di sini.

5 Manfaat Grooming Kucing untuk Anabul Kesayangan
Image Source: Pexels

Bagi pemilik kucing, merawat kucing bukan hanya tentang memberi makan, memastikan kesehatan, dan memberikan kasih sayang, tetapi juga tentang menjaga kebersihan dan kecantikan bulu kucing.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan cara grooming kucing. Istilah satu ini memang terdengar asing, terutama jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan berbulu seperti kucing atau anjing.

Nah, jika kamu berniat untuk mengadopsi anak bulu atau anabul, ada baiknya kamu tau apa itu grooming beserta manfaatnya.

Apa Itu Grooming Kucing?

Grooming kucing adalah rangkaian perawatan yang dilakukan untuk merawat bulu, kulit, dan kuku kucing. Perawatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan penampilan anabul agar tetap cantik.

Perawatan ini meliputi menyisir, menyikat atau merapikan bulu, membersihkan telinga dan mata, membersihkan gigi, hingga memotong kuku.

Grooming dapat dilakukan sendiri di dengan berbagai produk perawatan kucing yang ada di pasaran. Namun jika kamu belum berani melakukan perawatan ini sendiri, banyak salon, tempat penitip, hingga vet yang menawarkan jasa ini.

Manfaat Grooming

Meskipun kucing bisa membersihkan dirinya sendiri, kamu tetap dianjurkan melakukan grooming karena memiliki banyak manfaat untuk anabul. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

1. Menjaga Kebersihan Bulu

Menjaga Kebersihan Bulu
Image Source: Freepik

Grooming sangat diperlukan untuk merawat bulu kucing kamu, loh! Melalui perawatan ini, kucing dapat terbebas dari debu, pasir, dan kotoran lainnya yang terperangkap di dalam bulu mereka.

Proses menyisir atau menyikat bulu secara teratur dapat mengurangi jumlah rambut yang rontok atau tertelan. Tentu perawatan ini efektif mencegah kucing muntah karena gumpalan rambut atau hair ball.

Menyisir bulu kucing juga bermanfaat untuk membantu mneghilangkan kutu yang bersarang.

Jual WIDHTER Sisir Pengering Bulu Hewan Anjing Kucing 2 in 1
Perawatan Hewan Lainnya WIDHTER Sisir Pengering Bulu Hewan Anjing Kucing 2 in 1 Portable 300W - IPHD002 harga Rp 96.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Mendeteksi Masalah Kesehatan

Pencegahan Awal Masalah Kesehatan
Image Source: Freepik

Grooming juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit kucing. Merawat bulu dan kulit secara teratur, kamu dapat mengidentifikasi adanya masalah seperti iritasi kulit, luka, atau infestasi parasit.

Perawatan secara rutin juga bermanfaat untuk merangsang sirkulasi darah di kulit, membantu menjaga kebersihan, dan keseimbangan minyak alami pada kulit kucing.

3. Mencegah Munculnya Masalah Kuku

Mencegah Munculnya Masalah Kuku
Image Source: Freepik

Salah satu proses grooming adalah memotong kuku kucing. Kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan masalah seperti kuku terjepit atau lecet pada kulit.

Dengan memotong kuku anabul, kamu dapat menjaga kuku kucing dalam kondisi yang optimal, mencegah cedera, serta melindungi perabotan dan furnitur di rumah dari goresan yang tidak diinginkan.

Jual Ldoge Gunting Kuku Anjing Kucing Elektrik Pet Nail Polisher
Perawatan Hewan Lainnya Ldoge Gunting Kuku Anjing Kucing Elektrik Pet Nail Polisher - LX01 harga Rp 117.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Menjaga Kesehatan Telinga dan Mata

Menjaga Kesehatan Telinga dan Mata
Image Source: Freepik

Grooming memungkinkan kamu untuk memeriksa telinga dan mata kucing secara teratur.

Cara ini membantu dalam mendeteksi dini adanya masalah seperti infeksi telinga, penumpukan kotoran, atau iritasi mata. Dengan membersihkan telinga dan mata kucing, kamu tentunya juga dapat mencegah terjadinya masalah yang lebih serius.

5. Perawatan Gigi

Perawatan Gigi
Image Source: Pexels

Merawat gigi kucing juga merupakan bagian penting dari grooming. Menggosok gigi kucing secara teratur dapat membantu mencegah pembentukan plak dan tartar, serta mencegah masalah gigi dan gusi seperti infeksi atau penyakit periodontal.

Gigi yang sehat juga berdampak positif pada kesehatan kucing secara menyeluruh, termasuk sistem pencernaan yang baik.

Selain manfaat kesehatan yang diberikan, grooming kucing juga memiliki manfaat sosial dan emosional. Proses grooming memberikan waktu interaksi antara pemilik dan kucing sehingga membantu memperkuat ikatan antara keduanya.

Sebelum melakukan grooming, pastikan kamu tahu tips memandikan kucing yang benar agar meraka tetap nyaman. Selain itu, gunakan peralatan yang sesuai dan aman untuk anabul.

Selalu ingat untuk melakukan perawatan ini dengan lembut dan berikan kucing waktu untuk beradaptasi dengan proses grooming.